Ini penjelasan BMKG pemicu hujan lebat penyebab banjir di Bandung

id banjir bandung,cuaca bandung,potensi hujan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari in

Ini penjelasan BMKG pemicu hujan lebat penyebab banjir di Bandung

Pengendara mendorong sepeda motornya yang mogok saat melewati Jalan Soekarno-Hatta di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, yang tergenang pada Kamis (24/12/2020), setelah hujan lebat turun. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)

Bandung (ANTARA) - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung Tony Agus Wijaya menjelaskan pemicu hujan lebat penyebab banjir di wilayah Bandung pada Kamis (24/12).

Saat dihubungi dari Kota Bandung, Jumat, ia menjelaskan bahwa perubahan pola angin, yang pengaruhi oleh dinamika atmosfer, membuat awan hujan terkumpul di atas wilayah Bandung, Jawa Barat.

"Terdapat gangguan yang cukup signifikan di wilayah Jawa Barat yang menyebabkan perlambatan massa udara di sebelah barat Jawa Barat. Kondisi ini mendukung pertumbuhan awan-awan hujan diantaranya di wilayah Jawa Barat," katanya.

Selain itu, menurut dia, citra satelit pada Kamis (24/12) menunjukkan adanya pertumbuhan awan konvektif atau cumulonimbus dalam skala luas pada siang hingga sore hari di wilayah Bandung.

"Inilah yang di perkirakan menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hingga terjadi banjir," kata Tony.

Dia mengemukakan bahwa menurut prakiraan musim hujan mencapai puncak pada Januari 2021 di wilayah Jawa Barat.

Pada Jumat, wilayah Jawa Barat diprakirakan menghadapi hujan dengan intensitas ringan.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," katanya.