KAI angkut 2.594 penumpang rute Palembang-Lubulinggau

id kereta api,kai ,pt kai,kereta api indonesia,rute palembang lubuklinggau

KAI angkut 2.594 penumpang rute Palembang-Lubulinggau

Fasilitas Rapid Test di Stasiun Kertapati, Palembang, Rabu (23/12). (ANTARA/Feny Selly/20)

Palembang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III mencatat sebanyak 2.594 penumpang memanfaatkan jasanya untuk rute tujuan Palembang-Lubuklinggau dalam periode Natal dan Tahun Baru 2021.

Manager Humas PTKAI Divre III Palembang Aida Suryanti di Palembang, Rabu, mengatakan adanya peningkatan jumlah penumpang ini menunjukkan bahwa masyarakat percaya diri melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api meski masih ada pademi COVID-19.

"Pada hari kelima masa angkutan Natal tercatat 2.594 penumpang melakukan perjalanan menggunakan kereta api, dengan okupansi mencapai 70 persen tempat duduk yang disediakan setiap hari. Bahkan, pada 20 Desember 2020, KAI mencatat sebanyak 91 persen okupansinya,” kata dia.

Aadanya peningkatan jumlah penumpang ini pun diantisipasi KAI dengan mendirikan Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru yang mulai beroperasi 18 Desember 2020- 6 Januari 2021.

PT KAI Divre III Palembang menyediakan total 14.800 tempat duduk dengan 740 tempat duduk setiap hari nya untuk kereta api Bukit Serelo rute Kertapati –Prabumulih-Muara Enim-Lahat-Tebing Tinggi sampai dengan Lubuk Linggau (PP).

Dalam menjalankan bisnis ini, KAI tetap mengedepankan pelaksanaan protokol kesehatan supaya kepercayaan masyarakat yang akan berpergian menggunakan kereta api pada masa libur Natal dan Tahun Baru meningkat.

KAI berpegang pada Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 No 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi COVID-19.

Kemudian,  Surat Edaran Kemenhub No 23 Th 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Untuk perjalanan kereta api di wilayah Sumatera Selatan penumpang menunjukkan surat keterangan hasil Rapid Test Antibodi Non Reaktif atau Tes PCR Negatif Covid-19 yang berlaku 14 hari sejak tanggal diterbitkan  seperti yang telah berlaku selama ini.

Bagi penumpang yang akan melakukan rapid tes antibodi, enam stasiun keberangkatan penumpang menyediakan layanan rapid tes antibodi dengan harga terjangkau, 85 ribu kerja sama PT KAI dengan PT RNI Group.

Selain itu penumpang KA Jarak Jauh dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), memakai masker dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

Selama dalam perjalanan, pelanggan diharuskan menggunakan ‘face shield’ dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang.