Pertamina MOR II gelar donor darah bantu atasi defisit stok

id pertamina,donor darah,pertamina mor iii,pertamina sumbagsel,pmi

Pertamina MOR II gelar donor darah bantu atasi defisit stok

PT Pertamina MOR II Sumbagsel menggelar kegiatan donor darah di Palembang, Kamis (17/12). (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan menggelar kegiatan donor darah untuk membantu Palang Merah Indonesia dalam mengatasi kekurangan stok karena adanya pandemi COVID-19.

Pjs Executive General Manajer PT Pertamina Regional Sumbagsel Pande Made Andi Suryawan di Palembang, Jumat, mengatakan, kegiatan ini dilakukan di Kantor Pertamina MOR II, Plaju, Palembang, Kamis (17/20), dengan melibatkan pekerja, mitra kerja dan keluarga Pertamina.

“Adanya pandemi COVID-19 membuat masyarakat takut ke rumah sakit untuk mendonorkan darah, sehingga stok makin lama semakin berkurang. Untuk itu, kami melakukan kegiatan donor darah ini sebagai wujud kepedulian terhadap sesama,” kata Pande.

Acara ini turut dihadiri Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian Pembangunan Investasi Kota Palembang Letizia dan Camat Seberang Ulu II Rakhman Hidayat Pane, dan Kepala UTD PMI Kota Palembang Selvi Dwi Putri.

Dalam sambutannya Pande mengatakan pada Hari Ulang Tahun ke-63 Pertamina yang mengambil tema “Energizing You” ini, Pertamina berkeinginan untuk meng-energize seluruh masyarakat Indonesia di sektor energi.

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan secara serentak di lima provinsi dan tiga kabupaten di wilayah Pertamina MOR II, yaitu Palembang, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung, Kabupaten Lahat, Baturaja dan Kota Lubuk Linggau.

Pelaksanaan kegiatan donor darah ini tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19, selain itu pendonor juga telah diperiksa kesehatannya.

Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian Pembangunan Investasi Kota Palembang Letizia mengatakan mendonorkan darah akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar lantaran setelah darah diambil maka sel-sel darah baru akan tercipta.

"Hal ini akan mengurangi resiko penyakit jantung, terhindar dari hipertensi, menurunkan kolesterol dan menurunkan resiko kanker,” ujar Letizia.

Pemkot Palembang mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pertamina yang secara rutin menyelenggarakan kegiatan donor darah ini.

Adapun total darah yang terkumpul adalah sebesar 422 kantong darah dan akan disalurkan ke unit transfusi darah yakni Palang Merah Indonesia (PMI) di masing-masing provinsi dan kabupaten.