Pemkot Palembang tingkatkan Program Kota Tanpa Kumuh

id pemkot palembang, program kota tanpa kumuh, program kotaku, pemkot palembang galakkan program kotaku, wawako palembang b

Pemkot Palembang tingkatkan  Program Kota Tanpa Kumuh

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya meningkatkan pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) untuk mengatasi masalah kekumuhan di sejumlah kawasan di daerah itu.

"Program Kotaku yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir akan lebih digencarkan lagi pada Tahun 2021, sehingga bisa menjadikan ibu kota Provinsi Sumsel ini sebagai kota yang indah, layak huni, dan nyaman," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Jumat.

Ia menyebut pelaksanaan Program Kotaku dengan sasaran 57 kawasan kumuh yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Sebagian kawasan kumuh yang ditargetkan dalam program itu, telah dilakukan pembenahan dan penataan sejak beberapa tahun terakhir, sedangkan sebagian lainnya diusahakan bisa diselesaikan dalam satu atau dua tahun ke depan.

Upaya membenahi dan menata kawasan kumuh tersebut, dilakukan secara bertahap dan dipilih kawasan yang prioritas atau perlu mendapat penanganan segera.

Dia menjelaskan pembenahan kawasan kumuh melalui Program Kotaku diharapkan dapat berjalan dengan baik sesuai rencana, dan diharapkan pula mendapat dukungan dana dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan pemerintah pusat.

Dalam melakukan pembenahan kawasan kumuh, katanya, membutuhkan dana yang cukup besar atau bisa mencapai ratusan miliar rupiah yang tidak mungkin bisa dipenuhi dari APBD Kota Palembang yang jumlahnya terbatas.

Pihaknya juga berupaya melakukan pembenahan sanitasi perkotaan, seperti pengelolaan air limbah sesuai dengan standar internasional.

"Melalui upaya tersebut, diharapkan 'Bumi Sriwijaya' yang sering dijadikan tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan olahraga berskala internasional bisa semakin dilirik," ujar dia.