Arsenal sapu bersih fase grup, Molde susul ke babak 32 besar

id liga europa,arsenal,molde,rapid wien,dundalk,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari

Arsenal sapu bersih fase grup, Molde susul  ke babak 32 besar

Penyerang muda Arsenal Folarin Balogun melakukan selebrasi seusai mencetak gol keempat timnya ke gawang Dundalk dalam laga pemungkas Grup B Liga Europa di Stadion Aviva, Dublin, Republik Irlandia, Kamis (10/12/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Lorraine O'Sullivan)

Jakarta (ANTARA) - Arsenal menyapu bersih seluruh pertandingan fase grup Liga Europa setelah menang di rangkaian laga pemungkas ketika Molde memastikan langkah menyusul The Gunners ke babak 32 besar.

Bertandang ke Stadion Aviva, Dublin, Republik Irlandia, Arsenal meraih kemenangan meyakinkan 4-2 atas Dundalk untuk melengkapi torehan sapu bersih Grup B pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Edward Nketiah membuka keunggulan Arsenal pada menit ke-12 memanfaatkan blunder sapuan Andrew Boyle, yang digandakan enam menit kemudian oleh tembakan keras Mohamed Elneny.

Dundalk sempat memperkecil ketertinggalan pada menit ke-22 melalui sepakan Jordan Flores, tetapi keunggulan 2-1 bagi Arsenal bertahan hingga turun minum.

Arsenal merestorasi keunggulan dua gol ketika Joe Willock memperdaya hadangan bek Dundalk setelah menerima umpan kiriman Folarin Balogun, sebelum melepaskan tembakan mendatar yang tak terjangkau kiper Gary Rogers pada menit ke-67.

Balogun menambah keunggulan Arsenal pada menit ke-80 dengan menyelesaikan umpan sodoran Nicolas Pepe yang dibalas oleh Dundalk lima menit kemudian melalui sontekan Sean Hoare menyambut tendangan bebas Flores, tetapi tim tamu tetap mengantungi tiga poin penuh ketika laga usai dengan skor 4-2.

Hal itu membuat Arsenal jadi satu-satunya tim yang berhasil mengumpulkan 18 poin penuh dari fase grup Liga Europa, demikian catatan laman resmi UEFA.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan, Molde menuntaskan tugasnya yang cuma butuh hasil imbang dalam lawatan ke markas Rapid Wien di Stadion Allianz, Wina, Austria, untuk bisa meloloskan diri ke babak 32 besar Liga Europa.

Magnus Eikrem membawa Molde memimpin pada menit ke-12 dan Rapid menghapuskan keunggulan itu dua menit jelang turun minum saat tendangan jarak jauh Marcel Ritzmaier bersarang ke pojok kiri atas gawang tim tamu.

Molde kembali memulai babak kedua dengan gemilang ketika Eikrem mencetak gol keduanya memanfaatkan umpan Fredrik Aursnes untuk merestorasi keunggulan tim tamu.

Sejak itu Molde berusaha membunuh pertandingan lebih awal, tetapi upaya mereka tak kunjung berhasil dan Rapid justru menyamakan kedudukan tepat di pengujung waktu normal lewat sepakan kaki kanan Melih Ibrahimoglu.

Tuan rumah berusaha keras membalikkan keadaan, tetapi skor 2-2 tak berubah hingga bubaran memastikan Molde mengunci posisi kedua klasemen akhir Grup B dengan koleksi 10 poin, unggul tiga poin atas Rapid.

Dengan demikian Molde berhak mendampingi Arsenal melangkah ke babak 32 besar, yang undiannya akan dilakukan pada Senin (14/12) pekan depan.