TPS di OKU siapkan bilik khusus untuk suhu tubuh di atas normal

id Bilik khusus, untuk suhu tubuh diatas normal, TPS 10, terapkan protokol kesehatan secara ketat, wajib pakai masker

TPS di OKU siapkan bilik khusus untuk suhu tubuh di atas normal

TPS 10 Kelurahan Sukaraya, Kecamatan Baturaja Timur menyiapkan bilik khusus untuk calon pemilih yang memiliki suhu tubuh diatas normal, Rabu. (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menyiapkan bilik khusus untuk pemilih yang suhu tubuhnya di atas normal juga dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri dan protokol kesehatan secara ketat,

"Bilik suara khusus ini dipersiapkan untuk calon pemilih yang suhu tubuhnya diatas 37 derajat celsius," kata Alwi salah seorang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 10 Kelurahan Sukaraya, Kecamatan Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu (OKU), Rabu.

Menurut dia, dalam proses pemungutan suara Pilkada serentak 2020 pihaknya menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti mewajibkan pemilih menggunakan masker dan menyiapkan tempat menucuci tangan serta menjaga jarak guna memutus rantai penyebaran virus Corona.

Selain itu, setiap warga yang datang ke TPS juga akan diperiksa suhu tubuh guna memastikan dalam keadaan sehat saat menyalurkan hak suara di TPS.

"Jika suhu tubuhnya diatas normal maka kami arahkan mencoblos di bilik suara khusus ini," tegasnya.

Selain TPS 10 tersebut, hal serupa juga dilakukan TPS 11 Kelurahan Kemelak Bindung Langit, Kecamatan Baturaja Timur yang menyiapkan bilik suara khusus untuk calon pemilih dengan suhu tubuh diatas normal.

Bilik suara khusus ini dibuat terpisah menggunakan berdinding terpal yang diperuntukan untuk calon pemilih dengan suhu tubuh lebih dari 37 derajat celsius.

"Tujuan dibuatnya bilik khusus ini untuk memberikan kenyamanan dan keamanan serta mengantisipasi timbulnya klaster baru COVID-19 pada tahapan pencoblosan," ujar Maruli, salah seroang anggota KPPS 11 menambahkan.