KAI jual tiket kereta api Kertapati-Lubuklinggau untuk libur Natal

id KAI,kereta api,stasiun kereta api,pt kai,bumn,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari

KAI jual tiket kereta api Kertapati-Lubuklinggau  untuk libur Natal

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan didalam gerbong kereta di Depo Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan, Palembang, Selasa (10/3/2020). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp)

Palembang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjual tiket kereta api rute Kertapati (Palembang)-Lubulinggau, Sumatera Selatan, untuk periode liburan Natal dan Tahun baru 2021 secara online melalui sejumlah kanal.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti di Palembang, Jumat, mengatakan pembelian tiket dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, situs resmi kai.id, serta kanal penjualan online resmi lainnya.

“Kami mengajak masyarakat untuk menrencanakan perjalanan dengan menggunakan moda kereta api, pada hari libur dan cuti bersama ini,” kata dia.

Masyarakat tidak perlu ragu dalam menggunakan angkutan kereta api, karena penerapan protokol kesehatan dilakukan secara ketat.

Penerapan protokol kesehatan tidak hanya untuk penumpang tetapi juga untuk seluruh pegawai kereta api, dengan melakukan self assesment, screening test secara berkala, pengecekan suhu tubuh dan penggunaan APD yakni sarung tangan, masker, dan face shield.

Protokol kesehatan yang wajib dilaksanakan pada pengguna jasa sesuai dengan arahan dari pemerintah dengan menunjukkan hasil rapid tes/swab/pcr menggunakan masker, face shield, mencuci tangan sebelum masuk stasiun.

Saat ini fasilitas cuci tangan ditambah di area yang mudah dijangkau serta penyediaan hand sanitaizer.

Selain itu untuk penerapan jaga jarak fisik dengan KAI memasang petunjuk jaga jarak di tempat - tempat yang memungkinkan terjadi antrean, seperti di depan loket, gate masuk, ataupun boarding.

Pada masa pandemi, KAI berkomitmen menjual tiket KA hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk menciptakan jaga jarak sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 14 tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020.

Sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan, KAI Divre III Palembang menyediakan layanan rapid test dengan harga terjangkau Rp 85.000 di 6 stasiun, yaitu, Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau.

“Jika dilakukan di stasiun, masyarakat diimbau untuk melakukan rapid test setidaknya H-1 tanggal keberangkatan. Tujuannya untuk menghindari antrean dan terburu-buru pada hari keberangkatan,” ujar Aida.

Sementara itu KAI Divre IV Tanjungkarang memutuskan untuk memperpanjang penghentian operasional KA Rajabasa dan KA Sriwijaya hingga 31 Desember 2020, atau rute jurusan Lampung-Sumatera Selatan.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar