Persiapan logistik pilkada Sumsel sesuai jadwal

id kpu, persiapan logistik pilkada, pilkada serentak 2020, pilkada di tujuh kabupaten sumsel, logistik pilkada

Persiapan logistik pilkada  Sumsel sesuai jadwal

Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana. (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Komisioner KPU Daerah Sumatera Selatan memastikan persiapan logistik pilkada 2020 secara serentak di tujuh kabupaten dari 17 kabupaten/kota dalam provinsi setempat yang menggelar pesta demokrasi itu berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Sekarang ini KPU di tujuh kabupaten telah menyiapkan berbagai logistik yang dibutuhkan dalam pilkada 9 Desember 2020, bahkan sekarang ini sedang berlangsung pelipatan surat suara," kata Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana di Palembang, Senin.

Logistik pilkada seperti surat suara, kotak suara, dan alat kelengkapan tempat pemungutan suara (TPS) sebelum didistribusikan, disimpan di gudang khusus dengan penjagaan ketat oleh petugas dari KPU dan aparat kepolisian.

Mengenai pendistribusian logistik pilkada ke panitia pemilihan di tingkat kecamatan dan desa akan dilakukan secara bertahap dengan prioritas daerah pelosok atau yang paling sulit dijangkau, katanya.

Pilkada di provinsi dengan 17 kabupaten/kota itu diselenggarakan secara serentak di tujuh kabupaten pada 9 Desember 2020 yakni Kabupaten Ogan Ilir, Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Musirawas, dan kabupaten Musirawas utara.

Bedasarkan data DPT di tujuh kabupaten tersebut mencapai 1.832.660 pemilih tersebar di 5.477 TPS.

Jumlah pemilih berdasarkan DPT masing-masing kabupaten yakni di Ogan Ilir terdapat 294.729 orang tersebar di 895 TPS dengan peserta pilkada dua pasangan calon.

Kabupaten Pali terdapat 129.849 orang pemilih yang tersebar di 408 TPS dengan peserta pilkada dua pasangan calon.

Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) terdapat 257.188 orang pemilih yang tersebar di 725 TPS dengan peserta pilkada satu pasangan calon melawan kotak kosong.

Kabupaten OKU Selatan terdapat 259.301 orang pemilih yang tersebar di 893 TPS dengan peserta pilkada satu pasangan calon melawan kotak kosong.

Kabupaten OKU Timur terdapat 464.428 orang pemilih yang tersebar di 1.315 TPS dengan peserta pilkada dua pasangan calon.

Kabupaten Musirawas terdapat 283.783 orang pemilih yang tersebar di 814 TPS dengan peserta pilkada dua pasangan calon.

Terakhir Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) terdapat 143.382 orang pemilih yang tersebar di 427 TPS dengan peserta pilkada tiga pasangan calon, ujar dia pula.