Napoli lanjutkan kenang Maradona dengan kemenangan besar 4-0 atas AS Roma

id liga italia,napoli,as roma,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Napoli lanjutkan kenang Maradona dengan kemenangan besar 4-0 atas AS Roma

Penyerang Napoli Lorenzo Insigne merayakan gol pertama yang tercipta ke gawang AS Roma sambil menggenggam kaus bertuliskan nama Maradona, pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion San Paolo, Naples, Minggu (29/11/2020). ANTARA/REUTERS/Ciro de Luca.

Jakarta (ANTARA) - Napoli melanjutkan mengenang Diego Maradona dengan kemenangan besar 4-0 atas AS Roma pada pertandingan putaran kesembilan Liga Italia yang dimainkan di Stadion San Paolo, Naples, Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.

Pada laga tersebut, Napoli mengenakan kostum khusus berwarna biru muda-putih, warna kaus timnas Argentina, dan memasang wajah dan nama Maradona pada videotron di sekeliling lapangan.

Kemenangan itu membawa Napoli menduduki posisi kelima di klasemen sementara Liga Italia dengan 17 poin, sedangkan Roma tertahan di posisi keenam, juga dengan 17 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Sebagaimana pertandingan-pertandingan Liga Italia lainnya yang dimainkan pada akhir pekan ini, permainan dihentikan pada menit kesepuluh sehingga semua pemain dan orang-orang yang hadir dapat bertepuk tangan untuk memberi penghormatan kepada Maradona.

Napoli yang mendominasi permainan sejak awal baru mampu memecah kebuntuan pada menit ke-30. Kapten Lorenzo Insigne melepaskan tendangan bebas yang melengkung melewati pagar pemain dan mengarah masuk ke sudut gawang tanpa dapat diantisipasi kiper Antonio Mirante. Insigne merayakan gol itu dengan berlari ke pinggir lapangan, mengangkat kaus dengan nama Maradona, dan menciumnya.

Roma memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan saat Roger Ibanez melepaskan tendangan bebas, namun sepakan voli Bryan Cristante melambung ke atas mistar gawang. Tim tamu mendapat masalah berikutnya ketika mereka harus menggantikan Gianluca Mancini yang cedera betis dengan Juan Jesus.

Setelah turun minum, Napoli berpeluang menggandakan keunggulan. Namun Hirving Lozano memaksakan melepaskan tembakan dari sudut sempit, alih-alih mengoper kepada Piotr Zielinski yang berdiri bebas.

Saat Roma mulai menekan, Napoli menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-64. Mario Rui memulai pergerakan dengan sepakan tumit, namun Fabian Ruis menggunakan Juan Jesus sebagai "tameng" di tepi kotak penalti, bola sepakan Rui kemudian melaju lewat sela-sela kaki sang pemain bertahan dan tidak dapat dipantau oleh Mirante.

Sepakan voli Carles Perez melebar, namun Napoli mengemas gol ketiganya pada menit ke-81. Mirante mampu menepis tembakan Eljif Elmas, bola kemudian memantul ke arah pergerakan Dries Mertens yang dengan mudah melesakkannya ke gawang lawan.

Pemain pengganti Matteo Politano melengkapi kemenangan Napoli melalui golnya pada menit ke-87. Ia mendapat bola di tepi kotak penalti, menghindari tiga tekel, mengecoh Mirante, dan memasukkan bola ke gawang yang kosong dengan sepakan ringan kaki kiri.

Napoli akan melawat ke markas tim juru kunci Crotone pada pertandingan putaran kesepuluh Minggu (6/12) depan, setelah sebelumnya bertandang ke markas AZ Alkmaar untuk memainkan pertandingan Liga Europa pada Kamis (3/12). Roma juga akan memainkan pertandingan Liga Europa melawan Young Boys, sebelum menjamu Sassuolo pada pekan depan.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Italia:

Napoli (4-2-3-1): Alex Meret, Giovanni Di Lorenzo, Konstantinos Manolas, Kalidou Koulibaly, Mario Rui, Diego Demme (Stanislav Lobotka 84'), Fabian, Hirving Lozano (Matteo Politano 67'), Piotr Zielinski (Eljif Elmas 78'), Lorenzo Insigne, Dries Mertens (Andrea Petagna 83')
Pelatih: Gennaro Gattuso

AS Roma (3-4-2-1): Antonio Mirante, Gianluca Mancini (Juan Jesus 38'), Bryan Cristante, Roger Ibanez, Rick Karsdorp, Lorenzo Pellegrini (Borja Mayoral 79'), Jordan Veretout (Gonzalo Villar 46'), Leonardo Spinazzola, Pedro Rodriguez, Henrikh Mkhitaryan, Edin Dzeko (Carles Perez 71')
Pelatih: Paulo Fonseca