Disnakan Ogan Komiring Ulu tebar 10.000 bibit ikan di Sungai Ogan

id Tebar 10 ribu bibit ikan, Ikan Baung dan Patin, tambah populasi ikan, Hati Ikan Nasional, Disnakan OKU, dua desa Lubuk B

Disnakan Ogan Komiring Ulu  tebar 10.000 bibit ikan di Sungai Ogan

Disnakan OKU menebar puluhan ribu bibit ikan jenis Baung dan Patin di Sungai Ogan. (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menebar 10.000 bibit ikan di Sungai Ogan guna menambah jumlah populasi ikan di perairan wilayah setempat.

Kepala Disnakan Ogan Komering Ulu Tri Aprianingsih di Baturaja, Jumat menuturkan bahwa bibit ikan jenis baung dan ikan patin ini ditebar di beberapa titik di aliran Sungai Ogan, wilayah Kecamatan Lubuk Batang.

"Penebaran bibit ikan ini dilakukan di dua desa, yaitu Lubuk Batang Baru dan Markisa, Kecamatan Lubuk Batang," katanya.

Dia menjelaskan, penebaran bibit ikan tersebut dilakukan pihaknya guna melestarikan ikan di sungai, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional Tahun 2020.

"Kegiatan ini juga merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan Disnakan Ogan Komiring Ulu," ujarnya.

Hal tersebut dilakukan guna menambah populasi ikan di Sungai Ogan agar bertambah banyak untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan bagi masyarakat Kabupaten Ogan Komiring Ulu.

"Bahkan, puluhan ribu bibit ikan berbagai jenis yang sudah kami lepas di sungai sebelumnya saat ini sudah banyak yang ditangkap masyarakat untuk dijual ataupun dikonsumsi sendiri," ucapnya.

Hanya saja, ia mengimbau masyarakat dalam melakukan penangkapan ikan di sungai harus dengan cara yang ramah lingkungan, seperti menggunakan kail dan jala agar tidak membunuh benih ikan yang masih kecil.

"Kami juga sudah membentuk Kelompok Masyarakat Pengawas Sungai Ogan di setiap kecamatan di Ogan Komiring Ulu untuk mengawasi oknum warga yang menangkap ikan dengan cara pengeboman ataupun menebar racun di sungai," ujarnya.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar