Logistik Pilkada 2020 tiba di Kabupaten OKU

id Logistik Pilkada, tiba di OKU, langsung di packing, KPU OKU, dibungkus plastik tahan air

Logistik Pilkada 2020 tiba di  Kabupaten OKU

Staf khusus KPU OKU, Imanuddin saat mengawasi stafnya yang sedang memeriksa surat suara Pilkada, Senin (23/11). ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Sejumlah logistik Pilkada serentak 2020 seperti kotak suara, surat suara dan Alat Pelindung Diri (APD) tiba di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan yang diterima langsung oleh KPU setempat.

"Sebagian besar logistik Pilkada sudah kami letakkan di gudang KPU OKU yang terletak di kawasan Kemelak," ujar Kabag Logistik KPU Ogan Komering Ulu (OKU), Suyatno di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan, logistik Pilkada yang sudah diterima pihaknya itu antara lain kotak suara sebanyak 765 unit serta surat suara 265.953 lembar.

Kemudian, APD yang terdiri atas hand sanitizer 967 botol, sabun pencuci tangan 1.692 botol dan disinfektan sebanyak 1.141 liter serta tisu 7.724 pak.

Selanjutnya, tempat air berkeran berikut ember penampung 1.622 set, masker kain 8.872 pcs, sarung tangan plastik 265.940 pcs, kantong plastik sampah 1.829 pcs, semprot spayer 912 pcs, faceshielf 7.609 pcs dan pakaian hazmat atau pakaian pelindung diri dari COVID-19 sebanyak 696 lembar.

"Khusus untuk pakaian pelindung diri masih ada kekurangan satu kardus lagi. Isinya 24 lembar," tegasnya.

Sementara untuk logistik Pilkada lainnya seperti formulir c hasil kwk pleno, DPC dan tamplate alat bantu coblos masih dalam perjalanan dari Jakarta menuju Baturaja, Kabupaten OKU.

"Mudah-mudahan satu atau dua hari ini semua logistik Pilkada itu akan tiba di OKU," tegas dia.

Sementara Ketua KPU OKU, Naning Wijaya sebelumnya mengatakan, pihaknya akan langsung mengepak seluruh logistik Pilkada itu untuk didistribusikan hingga ke TPS.

"Kami targetkan pada H-3 seluruh logistik Pilkada sudah sampai di kecamatan dan pada H-1 di TPS," tegasnya.

Guna mengantisipasi agar logistik pilkada tidak rusak akibat terkena hujan, Naning mengatakan, pihaknya akan membungkusnya dengan plastik agar tidak basah.

"Selama proses packing, logistik Pilkada itu akan kami simpan di gudang milik KPU OKU yang ada di kawasan Kemelak," katanya.

Mengenai daya tahan kotak suara yang dikabarkan bahannya terbuat dari karton duplex, Naning mengaku, pihaknya optimis kotak suaranya bisa digunakan dengan baik mengingat bahan yang sama pernah digunakan saat pemilu lalu.

"Apalagi semua kota suara nantinya akan kami bungkus dengan plastik sehingga tahan terhadap air," ujarnya.