Bank Sumsel Babel danai PDAM Tirta Musi Rp90 miliar

id BSB,bank sumsel babel,bsb bumd sumsel,bumd sumsel,perbankan,bank,pdam,pdam tirtamusi

Bank Sumsel Babel danai PDAM  Tirta Musi Rp90 miliar

Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin. (ANTARA/Dolly Rosana/20)

Palembang (ANTARA) - Bank Sumsel Babel (BSB) mengucurkan pembiayaan senilai Rp90 miliar untuk PDAM Tirta Musi Palembang guna membantu pengembangan infrastruktur.

Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin di Palembang, Jumat, mengatakan BSB ingin berkontribusi dalam proyek-proyek strategis BUMD yang ada di Sumsel dan Babel.

“Kami ingin buktikan bahwa kami mampu mendukung proyek-proyek strategis, sehingga BUMD lain pun tidak ragu bermitra dengan kami,” kata dia.

Ada pun fasilitas yang diberikan bank pembangunan daerah (BPD) tersebut berupa plafon pinjaman maksimal Rp90 miliar. Nilai tersebut sudah termasuk interest during construction (IDC). Perusahaan pun memberikan tenor selama 10 tahun terhadap PDAM Tirta Musi.

Syamsudin menjelaskan pinjaman yang diberikan kepada PDAM Trita Musi Palembang merupakan fasilitas pinjaman yang pertama di Bank Sumsel Babel. PDAM Tirta Musi pun merupakan PDAM Pertama yang berhasil mendapat pembiayaan dari bank sebagai syarat untuk mendapatkan bantuan dari Bank Dunia.

Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang Andi Wijaya Adani mengatakan pinjaman dari Bank Sumsel Babel itu untuk mendukung peningkatan layanan kepada pelanggan.

“Kami ada rencana pengembangan instalasi baru sekitar 700 liter per detik,” katanya.

Sementara ini cakupan pelayanan air bersih PDAM Tirta Musi sendiri sudah mencapai 297.000 pelanggan per September 2020, rasionya 82 persen dari kebutuhan total 1,6 juta jiwa penduduk di Kota Palembang.

Sebanyak 70 persen pelayanan menjangkau wilayah Seberang Ilir dan 30 persen menjangkau Seberang Ulu.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar