Max Verstappen dominan sapu bersih sesi latihan GP Turki

id formula one,formula1,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara hari ini, palembang hari ini

Max Verstappen dominan sapu bersih sesi latihan GP Turki

Pebalap tim Red Bull Max Verstappen menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Turki di Istanbul Park, Istanbul. (14/11/2020). Pool via Reuters/Clive Mason

Jakarta (ANTARA) - Max Verstappen tampil dominan di ketiga sesi latihan bebas Grand Prix Turki setelah kembali menjadi yang tercepat di sesi FP3 di trek Istanbul Park yang diguyur hujan pada Sabtu.

Pebalap tim Red Bull itu mencetak waktu tercepat di sesi latihan ketiga menggunakan ban intermediate dengan waktu satu menit 48,485 detik, sementara Charles Leclerc membawa Ferrari ke peringkat dua dengan selisih 0,945 detik.

Alexander Albon membawa mobil Red Bull kedua melengkapi posisi tiga besar setelah terpaut 1,5 detik dari rekan satu timnya, demikian laman resmi Formula 1.

Trek Istanbul Park yang memiliki aspal baru telah diguyur hujan pada malam hari dan cuaca buruk kembali meliputi sesi latihan Sabtu pagi itu.

Romain Grosjean dan dua pebalap Ferrari turun pertama kali dengan ban intermediate sebelum hujan turun beberapa menit kemudian yang membuat para pebalap kembali ke garasi dan berganti ban basah.

Dengan kondisi tersebut, para pebalap tidak bisa memperbaiki catatan waktunya setelah pada Jumat mereka mengeluhkan kondisi aspal trek yang licin dan tidak memiliki daya cengkeram di suhu dingin Istanbul Park.

Mercedes mengirim kedua pebalapnya ke trek beberapa menit jelang sesi berakhir namun Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton masuk kembali ke garasi.

Bottas sempat mencatatkan waktu terbaik ke-8 sedangkan Hamilton yang sedang melihat kondisi trek belum sempat menyelesaikan putarannya karena hujan bertambah deras dan mengakhiri sesi di peringkat terakhir tanpa catatan waktu.

Duet Williams George Russell dan Nicholas Latifi juga gagal mencatatkan waktu mereka di sesi tersebut.

Kondisi trek yang ekstrem tersebut membuat para pebalap kesulitan mengendalikan mobilnya di sesi latihan terakhir dan khawatir bakal berlanjut hingga babak kualifikasi.

"Ini seperti membalap di atas es," kata Hamilton, yang memiliki peluang mengunci gelar juara dunia ketujuhnya pada Minggu nanti, seperti dikutip Reuters.

"Aku bisa lebih punya daya cengkeram di es," tambah pebalap tim AlphaTauri Daniil Kvyat yang finis P17 hari itu.

Setelah kewalahan di dua sesi latihan pada hari sebelumnya, Hamilton menyebut upaya pengaspalan ulang sirkuit Istanbul Park itu sia-sia karena aspal baru dan kondisi dingin membuat lintasan seperti arena es yang licin.

"Trek ini adalah sirkuit yang fantastis, dan saya tidak mengerti sepenuhnya kapan mereka menghabiskan jutaan untuk mengaspal ulang," kata Hamilton setelah finis P4 di FP2.

"Mungkin mereka hanya perlu membersihkannya, ketimbang buang-buang duit," kata dia.

"Ban tidak bekerja, dan kalian lihat itu. Ini seperti arena es. Kalian tidak mendapatkan kesenangan melaju seperti yang kalian dapatkan normalnya di Istanbul.

Meski demikian, Leclerc nampaknya lebih menikmati kondisi trek yang licin tersebut dan mampu membawa Ferrari kompetitif setelah selalu finis tiga besar di ketiga sesi latihan.

"Pastinya sangat licin," kata Leclerc kepada tim lewat radio. "Tapi jika kita mendapati ini di balapan kita harus berlatih dan kalian tahu aku ingin latihan di kondisi seperti ini."

Hasil FP3 GP Turki
1 Max Verstappen Aston Martin Red Bull Racing 1m 48,485
2 Charles Leclerc Scuderia Ferrari 1m 49,430
3 Alexander Albon Aston Martin Red Bull Racing 1m 50,059
4 Esteban Ocon Renault F1 Team 1m 53,897
5 Lando Norris McLaren F1 Team 1m 53,995
6 Sebastian Vettel Scuderia Ferrari 1m 54,490
7 Sergio Perez BWT Racing Point F1 Team 1m 55,577
8 Valtteri Bottas Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1m 55,666
9 Kevin Magnussen Haas F1 Team 1m 55,878
10 Lance Stroll BWT Racing Point F1 Team 1m 56,824
11 Daniel Ricciardo Renault F1 Team 1m 58,475
12 Carlos Sainz McLaren F1 Team 1m 59,548
13 Antonio Giovinazzi Alfa Romeo Racing Orlen 2m 02,325
14 Pierre Gasly Scuderia AlphaTauri Honda 2m 02,473
15 Romain Grosjean Haas F1 Team 2m 04,748
16 Kimi Raikkonen Alfa Romeo Racing Orlen 2m 06,351
17 Daniil Kvyat Scuderia AlphaTauri Honda 2m 09,368
18 George Russell Williams Racing
19 Nicholas Latifi Williams Racing
20 Lewis Hamilton Mercedes AMG Petronas Formula One Team