Mensos sebut perjuangan sekarang melawan narkoba, radikalisme, kemiskinan

id Hari Pahlawan,Mensos,pahlawan nasional,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Mensos sebut perjuangan sekarang melawan narkoba, radikalisme, kemiskinan

Upacara bendera memperingati Hari Pahlawan ke-75 tanggal 10 November 2020. (ANTARA/Siprianus Yanyaan)

Langgur (ANTARA) - Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan pahlawan zaman dulu mengangkat senjata untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, sedangkan pahlawan masa sekarang berjuang melawan narkoba, bencana alam, paham radikal, dan kemiskinan.

"Kalau dulu kita berjuang mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham radikal, termasuk melawan pandemi COVID-19," kata Mensos Juliari dalam amanah peringatan Hari Pahlawan 10 November.

Amanah itu dibacakan oleh Bupati Maluku Tenggara M Thaher Hanubun, saat memimpin upacara bendera Hari Pahlawan ke-75 di Langgur, Selasa.

Selain upacara bendera, peringatan Hari Pahlawan diwarnai acara ziarah ke Taman Makam Pahlawan di ibu kota kabupaten Maluku Tenggara tersebut.

Upacara bendera digelar di lapangan Kantor Bupati Maluku Tenggara, dipimpin Bupati Thaher sebagai inspektur.

Dalam amanahnya, Mensos Julliari mengatakan hari pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat tanggal 10 November saja, namun perjuangan dan pengorbanan para pahlawan bangsa perlu dikenang sepanjang masa, sesuai tema Hari Pahlawan 2020 "Pahlawan Sepanjang Masa".

Dikatakan, setiap elemen dalam masyarakat harus menunjukkan kontribusi kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Memperingati Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November adalah salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan.

Mensos juga mengutip ucapan Presiden I RI Soekarno bahwa "hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar".

Sementara itu, ziarah ke TMP Rudira Jaya di Kompleks Perumnas Kecamatan Kei Kecil diisi acara penghormatan dan penaburan bunga.

Hadir dalam upacara dan ziarah tersebut di antaranya Ketua dan Wakil Ketua DPRD Malra, Sekretaris Daerah Malra, Pimpinan TNI Polri, serta Jajaran Pimpinan OPD.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar