Pertamina gandeng agen LPG luncurkan Program Tukar Tabung

id pertamina,lpg,lpg 3 kg,gas 3 kg

Pertamina gandeng agen LPG luncurkan Program Tukar Tabung

Sales Branch Manager (SBM) Retail Rayon IV Sumsel Babel Adamilyara Aqil menyerahkan tabung Bright Gas ke agen LPG di Lahat, Selasa (3/11). (ANTARA/HO/20)

Lahat (ANTARA) - PT Pertamina wilayah Sumatera Bagian Selatan menggandeng sejumlah agen LPG untuk meluncurkan Program Tukar Tabung yang bertujuan mendorong agar program subsidi LPG 3 Kg menjadi tepat sasaran.

Pertamina bekerja sama dengan Hiswana Migas, Agen Non PSO PT. Kenangan Lematang menggelar Program Promo Trade-in Tukar Tabung 3 Kg  di Kota Lahat, Selasa (27/10).

Unit Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Wilayah Sumbagsel Pertamina Umar Ibnu Hasan mengatakan kegiatan ini untuk mengajak masyarakat mampu, para pemilik usaha kecil dan menengah, dapat beralih menggunakan Bright Gas yang tersedia dalam kemasan 5,5 Kg dan 12 Kg.

“Harapannya, LPG Subsidi 3 Kg dapat tepat sasaran dan sesuai untuk peruntukannya, yaitu masyarakat pra sejahtera dan usaha mikro,” kata dia.  

Program Tukar Tabung ini dilaksanakan oleh Retail Rayon IV Pertamina Sumsel-Babel bekerja sama dengan Hiswana Migas Lahat dan Agen Non PSO PT Kenangan Lematang.

Dalam program ini, ditawarkan program promo trade in 2 (dua) Tabung Kosong LPG Subsidi 3 Kg ditambah Rp16.000 yang ditukar dengan Tabung LPG Non Subsidi Bright Gas 5,5 Kg (tabung dan isi).

Melalui program ini, lebih dari 800 tabung LPG 3 Kg Bersubsidi berhasil dialihkan menjadi 400 tabung Bright Gas 5,5 Kg. Dengan total customer sejumlah 400 orang.

Pertamina mengapresiasi seluruh pihak antara lain Pemda, Hiswana Migas hingga seluruh Agen yang telah berupaya agar LPG 3 Kg Bersubsidi dipergunakan sesuai dengan peruntukannya.

"Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh konsumen Bright Gas beserta seluruh agen yang terus melakukan berbagai upaya agar program subsidi ini tepat sasaran,” ujar Umar.

Sebelumnya, Pertamina MOR II memberikan apresiasi kepada PT Winasta Caroline, adalah Agen LPG Non PSO Lubuk Linggau yang berhasil menjadi yang terbaik di tingkat nasional atas penjualan trade in melalui Contact Center 135.

“Lebih dari 2.400 tabung LPG 3 Kg Bersubsidi beralih menjadi 1.400 tabung Bright Gas 5,5 Kg melalui agen ini,” kata dia.

Umar kemudian menambahkan keunggulan LPG Bright Gas yakni memiliki keamanan ekstra. Bright Gas hadir dengan teknologi katup ganda dua kunci, dimana jika satu katup tidak berfungsi dengan baik, masih ada satu katup lain untuk memastikan keamanan pengguna saat memasak di dapur. Tabung warna pink ini juga dilengkapi segel hologram dan Kode QR untuk mengecek keaslian isi tabung.

Sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penyaluran dan Pendistribusian LPG, bahwa fungsi pengawasan Pertamina sebagai Badan Usaha yang ditunjuk untuk menyalurkan LPG Bersubsidi, adalah mulai dari agen hingga pangkalan. Artinya, titik terakhir pendistribusian adalah di pangkalan, dan bukan di pengecer.

Namun demikian, Pertamina akan menindak tegas apabila ditemukan pangkalan yang melakukan penyimpangan seperti  menaikan HET, atau menjual ke pengecer dalam jumlah banyak.

"Melalui Agen, kami akan berikan sanksi, paling tinggi sanksi yang diberikan berupa Pemutusan Hubungan Usaha (PHU),” kata Umar.