Valtteri Bottas rebut pole position dari Hamilton ketika F1 kembali ke Imola

id formula1,formula one,Lewis hamilton,Valtteri Bottas,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara hari ini, palembang hari ini

Valtteri Bottas rebut pole position dari Hamilton ketika F1 kembali ke Imola

Pebalap tim Mercedes Valtteri Bottas melakukan selebrasi setelah merebut pole position dari rekan satu timnya Lewis Hamilton di Grand Prix Emilia Romagna, Sirkuit Imola, Italia. (31/10/2020) Pool via Reuters/Luca Bruno

Jakarta (ANTARA) - Valtteri Bottas merebut pole position Formula 1 Grand Prix Emilia Romagna di Imola, Italia, Sabtu di saat rekan satu timnya Lewis Hamilton mengunci baris terdepan untuk Mercedes yang dominan.

Kedua pebalap Mercedes itu dipisahkan dengan margin tipis 0,097 detik di babak kualifikasi berkat manuver lap terakhir sang pebalap Finlandia dengan waktu satu menit 13,609 detik untuk pole position ke-13 bagi Mercedes dari 13 balapan yang telah digelar musim ini.

Pebalap tim Red Bull Max Verstappen finis peringkat tiga di setelah masalah power unit di fase kedua kualifikasi memaksa para mekanik membenahi mobil pebalap asal Belanda itu.

Pierre Gasly tampil impresif mengunci P4 untuk tim AlphaTauri.

Mercedes paling tidak harus finis peringkat empat di balapan pada Minggu nanti untuk mengunci gelar konstruktor ketujuh kalinya secara beruntun.

Formula 1 kembali ke Imola untuk pertama kalinya sejak 2006 ketika krisis kesehatan global memaksa pengenalan sirkuit baru ke kalender musim 2020.

Itu akan menjadi sirkuit ketiga di Italia yang menjadi tuan rumah balapan tahun ini setelah Monza dan Mugello.

"Trek ini, ketika kalian injak gas dalam-dalam, terasa cantik. Saya tahu saya harus memperbaiki diri di lap terakhir dan saya mendapat sedikit keunggulan yang saya perlukan," kata Bottas seperti dikutip Reuters.

"Perasaan yang luar biasa ketika kalian mendapatkannya.

"Ini akan menjadi pertarungan yang hebat. Salah satu jalur terpanjang di kalender menuju Tikungan 1 jadi tidak diragukan Lewis dan Max akan mengejar saya, tapi ini tempat yang baik untuk start dan semoga lajunya bagus," kata Bottas yang meraih pole position keempatnya musim ini.



Hamilton saat ini memimpin klasemen dengan keunggulan 77 poin dari Bottas setelah memenangi delapan balapan musim ini dan semakin dekat dengan ambisinya menyamai rekor tujuh gelar juara dunia Michael Schumacher.

Pebalap Britania itu paling tidak harus menunggu hingga seri selanjutnya di Turki dalam dua pekan ke depan untuk mengunci gelar juara dunia.

"Valtteri melakukan tugas yang luar biasa. Lap yang cukup buruk dari saya sendiri. Hal seperti ini sering terjadi, kalian tidak pernah mendapatinya sempurna," kata Hamilton, yang tampil tercepat sejak lap pertama di Q3.

Charles Leclerc membawa Ferrari ke posisi tujuh di belakang pebalap Renault Daniel Ricciardo dan Alexander Albon dari tim Red Bull yang bakal start dari baris ketiga.

Daniil Kvyat membawa mobil AlphaTauri kedua ke posisi delapan, mengungguli duet McLaren Lando Norris dan Carlos Sainz.