Timnas U-19 tiba di Indonesia Selasa malam usai TC di Kroasia

id PSSI,Piala Dunia U-20,Timnas Indonesia,timnas u19,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang

Timnas U-19 tiba di Indonesia Selasa  malam usai TC di Kroasia

Para pemain tim nasional U-19 Indonesia merayakan kemenangan atas Hajduk Split dalam laga uji coba di Stadion Sloga Mravince, Split, Kroasia, Selasa (20/10/2020). Skuat asuhan pelatih Shin Tae-yong menaklukkan lawannya dengan skor 4-0. (ANTARA/HO/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan Tim nasional Indonesia U-19 dijadwalkan tiba di Indonesia Selasa malam ini setelah menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia sejak akhir Agustus.

Iriawan mengatakan Beckham Putra Nugraha dan kawan-kawan akan dikembalikan ke klub, dengan agenda awal memperkuat kesebelasan masing-masing di lanjutan Liga 1 Indonesia.

"Saat dikontrak Tae-yong punya program check-in chek-out. Artinya setelah TC pemain kembali ke klub, begitu seterusnya, jadi mereka dilatih terus. Mereka berada di dalam atmosfer kompetisi," ujar dia dalam diskusi virtual, Selasa.

Akan tetapi, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Indonesia belum menemukan titik terang karena masih menunggu izin dari pihak kepolisian. Iriawan berharap Polri mafhum atas kondisi saat ini karena Indonesia perlu mempersiapkan diri jelang Piala Dunia U-20 2021 nanti.

"Kami masih tetap berharap kompetisi ini bisa bergulir dengan alternatif yang kita punya. Kalau ada kompetisi ini bisa menjaga performancenya. Walau ada latihan virtual tapi berbeda dengan kompetisi," ujarnya.

Selama menjalani TC di Kroasia, Elkan Baggot dan kawan-kawan dinilai mengalami perkembangan yang pesat. Dari 11 laga uji coba yang mereka jalani di Kroasia, timnas U-19 berhasil mencatatkan lima kemenangan, tiga hasil seri dan tiga kekalahan.

Timnas U-19 bahkan tidak pernah takluk dari lawan-lawannya sepanjang bulan Oktober 2020. Total, dari 11 laga uji coba, mereka membuat 19 gol dan kebobolan 17 gol.

PSSI juga akan mendiskusikan ulang program pemusatan latihan (TC) lanjutan tim nasional U-19 dengan pelatih Shin Tae-yong setelah Turnamen Toulon di Prancis, yang rencananya akan diikuti Brylian Aldama dan rekan, batal digelar.

PSSI akan mencari alternatif negara lain sebagai tempat pemusatan latihan. Iriawan sempat menyebut Jepang dan Belanda bisa menjadi pelabuhan lain bagi timnas U-19 menyongsong Piala Dunia U-20.

"Untuk program TC selanjutnya kami akan berdiskusi dengan pelatih Shin Tae-yong serta Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, apalagi setelah timnas U-19 tidak jadi mengikuti Turnamen Toulon, Prancis karena batal digelar," katanya.