Musi Banyuasin segera luncurkan aplikasi Satu Data Muba

id aplikasi,pemkab muba ,kabupaten muba,musi banyuasin

Musi Banyuasin segera luncurkan  aplikasi Satu Data Muba

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex. ANTARA/HO/20

Sekayu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, segera meluncurkan aplikasi Satu Data Muba untuk memberikan kemudahan akses informasi ke masyarakat terkait pelayanan publik dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Kepala Dinkominfo Kabupaten Muba Harryandi Sinulingga AP di Sekayu, Sabtu mengatakan pengunaan aplikasi satu data itu bertujuan juga membangun portal data Musi Banyuasin yang dipastikan keakuratnya karena sama dengan yang dimiliki masing-masing organisasi perangkat daerah.

Nantinya, aplikasi berbasis website ini akan di-input oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan pemkab.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex mengatakan peluncuran aplikasi ini sebagai upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan publik dalam mencari dara dan informasi melalui satu sumber data terpercaya dari pemerintah.

“Keberhasilan aplikasi Satu Data Muba ini sangat bergantung dan dipengaruhi atas ada atau tidaknya informasi dari masing-masing sektor yang dimiliki perangkat daerah sesuai tugas pokok dan fungsinya,” kata dia.

Oleh karena itu, seluruh perangkat daerah berkewajiban memberikan konstribusi data ke aplikasi Satu Data Muba ini secara rutin dengan senantiasa melakukan update data, serta mengintegrasikan pengelolaan datanya.

Menurutnya, pengelola aplikasi Satu Data Muba, PT Sawerigading Multi Kreasi akan menampilkan data sektoral yang bersumber dari enam OPD dalam bentuk grafik, tabular dan peta.

“Juga menampilkan monitoring bantuan sosial di desa,” kata dia.