Belasan rumah warga Desa Pusar OKU terancam longsor

id Rumah warga terancam longsor, Desa Pusar OKU, bangun talud, antisipasi longsor susulan, Sekda OKU,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, anta

Belasan rumah warga Desa Pusar  OKU terancam longsor

Rumah warga Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat terancam longsor. (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Belasan rumah warga di Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, terancam longsor di saat musim penghujan dan mengancam keselamatan warga di wilayah itu.

"Khususnya rumah kami yang berada di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) yang terancam longsor," kata Agusri, salah seorang warga Desa Pusar, Ogan Komering Ulu (OKU) di Baturaja, Ahad.

Apalagi, kata dia, musibah bencana longsor sudah pernah terjadi pada Kamis (8/10) lalu di desa setempat yang disebabkan intensitas curah hujan tinggi di wilayah itu.

"Dalam peristiwa tersebut sebanyak 11 rumah yang nyaris terbawa arus longsor," ungkapnya.

Oleh sebab itu, ia berharap pemerintah dapat mengantisipasi longsor susulan dengan membangun talud di sekitar permukiman penduduk di dekat DAS agar tidak menimbulkan kerugian material dan korban jiwa.

"Longsor dapat terjadi kapan saja. Kami berharap adanya pembangunan talud di sekitar DAS," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten OKU, Ahmad Tarmizi secara terpisah mengaku pemerintah daerah setempat akan segera menanggulangi longsor di Desa Pusar agar tidak membahayakan masyarakat di wilayah itu.

"Longsor yang terjadi di Desa Pusar beberapa waktu akan segera kami tanggulangi agar tidak membahayakan masyarakat," kata Sekda.

Terkait pembangunan bronjong, kata dia, nantinya akan dianggarkan untuk dibangun secara permanen pada 2021 mendatang.

"Kami sudah menginstruksikan Dinas PUBM OKU untuk segera menganggarkan pembangunan beronjong di lokasi longsor tersebut," ujarnya.*