KPU OKU: jumlah DPT Pilkada berkurang 1.355 pemilih

id Penetapan DPT, berkurang 1.355, DPS, Pilkada 2020, KPU OKU,pilkada oku,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara hari ini, palembang hari

KPU OKU: jumlah DPT Pilkada berkurang 1.355 pemilih

Ilustrasi Logo Pilkada serentak 2020. (ANTARA/HO/20)

Baturaja (ANTARA) - Komisioner KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan Divisi Data dan Informasi, Rahmad Hidayat menyampaikan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada serentak 2020 di wilayah setempat berkurang sebanyak 1.355 pemilih dari Daftar Pemilih Sementara (DPS).

"Ya, jumlah DPT berkurang 1.355 pemilih dari DPS yang diplenokan sebelum pleno penetapan DPT," kata Rahmad Hidayat di Baturaja, Minggu.

Dia mengemukakan, jumlah DPT Kabupaten OKU pada Pilkada serentak 2020 ditetapkan sebanyak 257.188 pemilih berdasarkan hasil rapat Pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara hasil perbaikan (DPSHP) dan penetapan Daftar Pemilih Tetap tingkat kabupaten yang digelar pihaknya Jumat (16/10) lalu.

"Jumlah DPT ini berkurang dari DPS yakni 258.543 pemilih," ujar Rahmad.

Dari jumlah DPT yang ditetapkan tersebut, kata dia, sebanyak 131.137 diantaranya merupakan pemilih laki-laki dan 126.051 perempuan.

Dia menjelaskan, berkurangnya jumlah DPT dari DPS ini merupakan hasil pencermatan dan ditemukannya data pemilih ganda, baik ganda antar TPS, desa, kecamatan dan antar Kabupaten.

"Yang jelas faktornya kemarin ditemukan data ganda," jelasnya.

Dengan telah ditetapkannya jumlah DPT tersebut, lanjut dia, tahapan pilkada selanjutnya yang akan dilakukan KPU OKU yakni daftar pemilih sementara.

"Namun saat ini kami masih menunggu regulasi atau surat edaran terbaru dari KPU RI. Apakah ada Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) atau langsung menindak lanjuti daftar pemilih tambahan," ujarnya.