Tips mencegah pori-pori membesar

id tips cantik,kulit sehat,witch hazel,tips make up,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang h

Tips mencegah pori-pori  membesar

Ilustrasi kulit dengan pori besar (ANTARA/Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Pori-pori membesar bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti penggunaan kosmetik, kulit berminyak dan penuaan. Namun, ada cara mudah untuk mencegah pembesaran pori.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr Kardiana Purnama Dewi Sp.KK mengatakan tampilan pori yang membesar bisa dikecilkan dengan perawatan yang teratur. Kunci utamanya adalah rajin membersihkan wajah untuk menghilangkan sisa kosmetik, debu dan kotoran yang menyumbat di pori.

"Kalau sering pergi outdoor, naik kendaraan umum, sering kena debu, angin, pastikan muka kita selalu dalam keadaan bersih sebelum tidur. Jadi selalu bersihkan wajah, make up-nya dibersihin, debunya dibersihin pakai sabun cuci wajah," ujar dr Dewi dalam peluncuran Rojukiss, Jumat.

Setelah membersihkan wajah, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab agar kulit tidak terlihat kering. Kulit yang kering akan membuat wajah semakin kusam dan proses regenerasi akan terganggu.

"Ujung-ujungnya kulit kelihatan enggak cerah dan pori-porinya enggak rapat," kata dr. Dewi.

Penggunaan tabir surya juga wajib untuk digunakan. Sebab, sinar UV merupakan salah satu penyebab kerusakan pada kulit.

Selain itu yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah eksfoliasi dan masker sedikitnya seminggu sekali guna mengangkat sel kulit mati. Untuk yang memiliki kulit berminyak, bisa memilih bahan dengan kandungan yang alami seperti witch hazel.

"Witch hazel sekarang lagi tren, itu banyak dipakai untuk mengurangi minyak dan anti-inflamasi. Jadi teman-teman gunakan secara rutin, intens, biasanya akan ada hasilnya tapi tidak instan," kata dr. Dewi.