Pemkot Palembang imbau warga waspadai penyakit musim hujan

id sekda palembang imbau warga waspadai penyakit musim hujan, penyakit musim hujan, musim hujan waspada ancaman berbagai pe

Pemkot Palembang imbau  warga waspadai penyakit musim hujan

Sekda Palembang, Ratu Dewa. (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengimbau warga setempat pada musim hujan 2020 ini mewaspadai ancaman berbagai penyakit yang biasa timbul pada setiap musim hujan.

"Musim hujan yang diprakirakan BMKG mulai Oktober 2020 hingga beberapa bulan ke depan itu perlu diwaspadai karena kemungkinan timbul berbagai jenis penyakit yang dapat mengganggu kesehatan," kata Sekda Palembang, Ratu Dewa di Palembang, Rabu.

Beberapa penyakit yang biasa timbul pada setiap musim hujan yang perlu diwaspadai warga kota ini seperti demam berdarah dengue (DBD), malaria, flu, batuk, dan diare.

Berbagai penyakit tersebut rentan menyerang warga kota yang tinggal di kawasan permukiman yang kurang terjaga kebersihannya.

Untuk mencegah mewabahnya penyakit tersebut, warga Palembang diminta meningkatkan kebersihan lingkungan baik di sekitar tempat tinggal, tempat bekerja, dan lingkungan tempat usaha.

Kebersihan lingkungan tempat tinggal dan beraktivitas itu, bisa tercipta dengan cara melakukan gotong royong, meningkatkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), serta tidak membuang sampah sembarangan.

Membuang sampah sembarangan pada musim hujan sekarang ini bukan hanya bisa menjadi sarang penyakit, tetapi juga dapat menyumbat saluran air yang mengakibatkan terjadinya genangan air di sejumlah kawasan permukiman penduduk dan jalan protokol.

Kesadaran warga kota ini untuk hidup bersih dan sehat sudah cukup tinggi terbukti Palembang telah beberapa kali menerima Piala Adipura dan Piala Adipura Kencana namun kesadaran itu perlu terus ditumbuhkan sehingga ke depan menjadi lebih baik lagi.

Melalui berbagai upaya untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta PHBS, diharapkan berbagai penyakit yang dikhawatirkan mewabah pada setiap musim hujan dapat dicegah, kata sekda.