Abu Dhabi kesempatan terakhir debut latihan Schumacher di F1

id formula1,formula one,mick schumacher,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Abu Dhabi kesempatan  terakhir debut latihan Schumacher di F1

Mick Schumacher berada di Sirkuit Nurburgring, Jerman, bersama anggota tim Alfa Romeo jelang Grand Prix Eifel. (8/10/2020) Reuters/Wolfgang Rattay

Jakarta (ANTARA) - Grand Prix Abu Dhabi akhir musim kemungkinan menjadi satu-satunya kesempatan Mick Schumacher dan Callum Ilott untuk debut sesi latihan Formula 1 setelah cuaca buruk menyebabkan sesi latihan GP Eifel akhir pekan lalu dibatalkan.

Schumacher seharusnya menjajal mobil Alfa Romeo dalam sesi latihan bebas pertama (FP1) di Sirkuit Nurburgring, Jerman, Jumat pagi pekan lalu, sedangkan Ilott mendapat kesempatan bersama tim Haas, kedua tim menggunakan power unit Ferrari.

Dengan enam balapan tersisa dalam kalender, yang sebagian terdiri dari sirkuit baru, sporting director Ferrari Laurent Mekies mengatakan Ferrari berencana membawa Schumacher dan Illot ke FP1 di Abu Dhabi supaya tidak bentrok dengan tugas mereka di Formula 2.

"Jika kalian melihat kalender, tidak ada kesempatan sebelum Abu Dhabi," kata Mekies di podcast F1 Nation seperti dikutip laman resmi Formula 1, Selasa.

Portimao di Portugal bukan pilihan karena itu merupakan sirkuit baru, "tak ada yang pernah ke sana, dan kalian tak ingin melewatkan FP1 kalian," kata dia.

"Kami akan berusaha adil dan masuk akal dengan para mitra kami dan saya rasa tidak akan menurunkan mereka di trek yang benar-benar baru di mana tidak seorang pun memilki data.

"Saya rasa karena mereka akan membalap di Bahrain (dua seri pamungkas F2), dan kami tidak ingin mengganggu mereka ketika mereka bertarung untuk gelar, satu-satunya peluang adalah di Abu Dhabi.

"Jadi kami akan membahasnya dengan Alfa Romeo dan Haas untuk melihat apa yang memungkinkan," kata Mekies.

Berkat hubungan dekatnya dengan Alfa Romeo, Ferrari akan memiliki setidaknya satu anggota Akademi Pebalap Ferrari membalap di Formula 1 tahun depan, entah itu Schumacher, Callum Ilott, Robert Shwartzman atau pebalap Alfa Romeo saat ini Antonio Giovinazzi.

Namun memilih salah satu dari mereka akan cukup memusingkan, kata Mekies.

"Kami dalam tahap di mana anak-anak ini semakin dekat ke F1. Sangat emosional melihat mereka di mobil F1, kami menurunkan mereka di Fiorano beberapa pekan lalu, kami hampir menyaksikan debut mereka.

"Akan memusingkan bagaimana memilih yang tepat dan bagaimana tetap mengembangkan yang lain, tapi itu sakit kepala yang baik," kata dia.

Schumacher saat ini memuncaki klasemen pebalap F2 dengan keunggulan 22 poin dari Ilott yang menjadi rival terdekatnya.