PDAM OKU atasi gangguan distribusi air bersih ke pelanggan

id PDAM OKU, atasi gangguan distribusi, pinjam pakai trafo, PLN Lahat, sudah normal

PDAM OKU atasi gangguan distribusi air bersih  ke pelanggan

Arsip- Pipa PDAM . (ANTARA/Ali Khumaini)

Baturaja (ANTARA) - PDAM Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengatasi gangguan distribusi air bersih pelanggan yang terganggu akibat trafo milik PLN di Instalasi Pengolahan Air (IPA) meledak pada Jumat (9/10).

Direktur PDAM Ogan Komering Ulu (OKU), Abi Kusno didampingi Kasi Produksi, Masri di Baturaja, Senin, mengemukakan trafo berkapasitas 250 Kva yang meledak tersebut berhasil ditanggulangi dengan meminjam trafo milik PLN Lahat.

"Trafo emergency pinjam dengan PLN Lahat," ungkapnya.

Menurut dia, proses pemasangan trafo pinjam pakai tersebut sudah rampung dikerjakan petugas di lapangan sejak Sabtu (10/10) sekitar pukul 02.00 WIB.

"Sejak Sabtu pagi, produksi dan distribusi air bersih sudah kembali normal," katanya.

Menurut Masri, trafo darurat yang digunakan itu bersifat sementara hanya bisa dipakai dalam kurun waktu dua pekan.

"Kami tetap mencari trafo baru untuk mengganti yang rusak. Karena, trafo yang dipakai sekarang hanya pinjam pakai selama dua pekan," jelasnya.

Sebelumnya, Distribusi air bersih pelanggan PDAM Kabupaten OKU terganggu akibat trafo milik PLN di IPA Tirta Raja meledak pada Jumat (9/10).

"Tidak tahu apa penyebabnya. Yang jelas akibat insiden tersebut distribusi air bersih sejumlah pelanggan terganggu," kata dia.

Adapun kawasan yang terdampak gangguan tersebut antara lain pelanggan di seputaran Jalan Ir Sutami, Pasar Atas, Pasar Lama, RSUD Ibnu Sutowo, Air Gading, Dusun Baturaja dan Jalan Gatot Subroto.

"Namun, sekarang distribusi sudah lancar. Kita sama-sama berdoa mudah-mudahan tidak ada masalah lagi dan trafo pengganti segera didapat," harapnya.