AFC pindahkan semua laga Liga Champions Asia Timur ke Qatar

id liga champions asia,Lca,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

AFC pindahkan semua laga Liga Champions  Asia Timur ke  Qatar

Foto Dokumentasi 7 Maret 2020 - Penyerang klub Mamelodi Sundowns Sibusiso Vilakazi (tengah) berebut bola dengan dua pemain Al-Ahly Yasser El Hanafi (kanan) dan Ramy Moustafa dalam pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions Asia di Atteridgeville pada 7 Maret 2020. (AFP/PHILL MAGAKOE)

Jakarta (ANTARA) - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada Jumat mengatakan telah memindahkan semua pertandingan Liga Champions Asia untuk tim-tim Zona Timur dari Malaysia ke Qatar.

Pertandingan tersebut termasuk laga grup yang tersisa yang juga di gelar di Doha, 18 November hingga 13 Desember, yang awal pekan ini telah menyelesaikan pertandingan Zona Barat dengan tim asal Iran Persepolis maju ke final pada 19 Desember yang venue-nya belum ditentukan.

Tim Zona Timur berasal dari China, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Australia dan Thailand.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan QFA (Asosiasi Sepak Bola Qatar) yang luar biasa," kata Sekretaris Jenderal AFC Dato Windsor John dalam satu pernyataan, yang tidak merinci alasan perubahan venue tersebut yang dikutip Reuters, Jumat.

"Kami sekarang bisa membangun berdasarkan kesuksesan Liga Champions AFC (Barat) sambil menanti pertandingan menarik yang tersisa dalam kompetisi klub utama Asia."

Liga Champions Asia ditangguhkan pada Maret karena pandemi COVID-19. Pertandingan Zona Barat dipindah ke Qatar tempat mereka dilanjutkan bulan lalu.

Terlepas dari tindakan bio-security yang ketat, beberapa tim terdampak virus corona, dengan juara tahun lalu Al Hilal tersingkir dari kompetisi setelah mereka mencapai fase sistem gugur dengan tersisa satu pertandingan.

Tim asal Saudi itu mempunyai 30 pemain dan staf yang terinfeksi COVID-19 sehingga tidak mampu menurunkan jumlah minimal pemain yang dibutuhkan untuk pertandingan grup terakhir mereka.