Pemprov Sumsel salurkan Rp7,7 miliar ke 77 desa persiapan

id desa,bantuan desa di sumsel,desa definitif di sumsel,apbd sumsel,gubernur sumsel,gubernur herman deru

Pemprov Sumsel salurkan Rp7,7 miliar ke 77 desa persiapan

Gubernur Sumsel Herman Deru menyerahkan bantuan secara simbolis ke desa definitif di daerahnya di Palembang, Rabu (7/10). (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyalurkan dana bantuan bersumber dari APBD untuk 77 desa persiapan senilai total Rp7,7 miliar.

Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang, Rabu, mengatakan bantuan keuangan ini merupakan dukungan pemprov bagi terselenggaranya pemerintahan di desa yang sejalan dengan aturan yang berlaku.

“Melalui bantuan ini desa persiapan akan didorong juga menuju desa definitif,” kata Herman Deru setelah menyerahkan bantuan secara simbolis di Palembang, Rabu.

Bantuan keuangan untuk desa persiapan ini dapat digunakan untuk mendukung kegiatan PKK, Posyandu, kegiatan pemuda, kegiatan olahraga, hingga biaya operasional kepala desa dan perangkat desa, serta pengadaan sarana dan prasarana kantor desa.

Ia menambahkan bantuan senilai Rp100 juta untuk tiap desa ini juga diharapkan menjadi motivasi perangkat desa persiapan untuk tetap memberikan pelayanan prima ke masyarakat.

"Bantuan ini akan disalurkan melalui Bank Sumsel Babel (BSB) ke rekening induk. Selanjutnya Kepala Urusan Keuangan Desa Induk mencatat bantuan keuangan tersebut untuk diberikan kepada Pj Kepala Desa Persiapan," kata dia.

Bantuan keuangan untuk desa definitif, desa persiapan dan kelurahan ini bukan kali pertama diberikan pemprov. Pada 2019, pemprov juga menyalurkan Rp84,5 miliar untuk 3.311 desa hingga kelurahan.