Empat wilayah di Sumsel penuhi rasio uji swab anjuran WHO

id Rasio pcr sumsel, COVID-19 sumsel, yuari, satgas sumsel, pcr palembang, lab pcr sumsel, corona sumsel,Kasus positif sums

Empat wilayah di Sumsel  penuhi rasio uji swab anjuran WHO

Petugas laboratorium di BBLK Palembang sedang memeriksa sampel, Rabu (15-2-2020). (ANTARA/Aziz Munajar/20)

Palembang (ANTARA) - Empat wilayah di Sumatera Selatan telah memenuhi rasio uji swab Polymerase Chain Reaction sesuai anjuran pemeriksaan perseribu penduduk dari World Health Organization (WHO).

Berdasarkan data harian Satgas COVID-19 Sumsel per 5 Oktober, Senin, empat wilayah dengan tes PCR yang memenuhi rasio perseribu penduduk di Sumsel yakni Kota Palembang, Lubuklinggau, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan Muara Enim.

"Kami masih berupaya memenuhi rasio itu di semua daerah meskipun saat ini kondisinya agak sulit karena ada revisi dari Kemenkes terkait kategori orang yang di uji swab," kata Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Sumsel, Yusri di Palembang.

Menurut data satgas tersebut, Kota Palembang mencatatkan rasio tertinggi di Sumsel yakni 9,04, artinya 9 dari 1.000 warga Palembang sudah diuji swab dengan metode PCR, sementara total penduduk di kota pempek itu mencapai 1,6 juta jiwa.

Kemudian Kota Lubuklinggau mencatatkan rasio 8,57 di bawah Palembang, di susul Kabupaten PALI dengan 5,51 dan Muara Enim dengan 4,73.

Rasio tes PCR perseribu penduduk di empat wilayah itu lebih tinggi dari capaian rasio rata-rata 17 kabupaten/kota Sesumatera Selatan yakni pada angka 3,39 atau sedikit lebih rendah dari anjuran WHO di angka 3,5 perseribu penduduk. Padahal terdapat tujuh laboratorium tes PCR di Sumsel yang mampu memeriksa seribu lebih swab setiap hari.

Yusri menjelaskan masih lambannya capaian tes PCR juga disebabkan terbatasnya pemeriksaan yang hanya menyasar pada kontak kasus simptomatik (bergejala), sedangkan kontak yang tanpa gejala tidak diuji swab. Akibatnya daerah yang paling banyak kasus positif COVID-19 menjadi yang paling banyak melakukan uji swab, sedangkan daerah dengan sedikit kasus positif cenderung lebih pelan dalam memenuhi rasio tes PCR.

"Memang kondisinya saat ini berbeda sekali, kalau dulu setiap kontak di uji swab, namun sekarang hanya yang bergejala saja, yang tidak bergejala bisa tes mandiri jikapun mau," tambahnya.

Sementara total kasus positif COVID-19 di Sumsel per 4 Oktober mencapai 6.323 kasus, sebanyak 4.691 kasus atau 74 persen di antaranya sudah selesai isolasi dan terdapat 356 kasus meninggal dunia.