Pemkab Muba sediakan mesin olah karet untuk petani rakyat

id karet,petani rakyat,petani karet muba,musi banyuasin,kabupaten musi banyuasin,mesin olah karet,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara

Pemkab Muba  sediakan mesin olah karet untuk petani rakyat

Sekda Kabupaten Muba Apriyadi meninjau penggunaan mesin sentrifuge di Desa Cipta Praja, Kecamatan Keluang, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. (ANTARA/HO/20)

Sekayu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menyediakan mesin untuk mengolah karet hasil panen petani rakyat di daerahnya dalam upaya untuk meningkatkan kualitas komoditas itu.

Sekda Kabupaten Muba Apriyadi di Sekayu, Senin, mengatakan mesin sentrifuge itu ditempatkan di Desa Cipta Praja, Kecamatan Keluang yang membantu petani setempat untuk memisahkan air dan latex selama proses pengolahan getah.

“Hasil latex-nya nanti akan dijual ke pabrik yang ada di Muba,” kata Apriyadi.

Baca juga: Pemkab Muba siapkan jalan alternatif di Desa Bailangu Timur selama perbaikan jalan nasional

Ia menambahkan, jika total produksi petani karet setempat melebihi 4 ton latex per hari maka pemkab akan menambah unit mesin sentrifuge tersebut.

Ini tak lain karena pemkab mendorong produk olahan karet ini tidak sebatas hanya menjadi bahan latex saja tapi menjadi produk turunan lain seperti sarung tangan, tutup tabung gas, dan lainnya.

Pengembangan sektor perkebunan karet ini menjadi perhatian pemkab karena menjadi hajat hidup sebagian besar penduduk setempat.

Baca juga: Musi Banyuasin dapat 1.036 paket konversi BBM ke BBG untuk nelayan

Sebelumnya, Muba menjadi pioner dalam penggunaan aspal karet untuk pembangunan sejumlah ruas jalan di daerahnya.

Langkah lanjutannya, ia menerangkan, Pemkab Muba akan mendirikan pabrik aspal karet yang nantinya akan menyerap 25 ribu ton karet per tahun dari petani rakyat, yang tidak hanya di Muba tetapi juga di Sumsel.

Baca juga: Pemkab Muba kucurkan Rp15 miliar buka akses jalan Kecamatan Lalan

Gubernur Sumsel Herman Deru mengapresiasi upaya pengembangan sektor perkebunan karet yang dilakukan Pemkab Muba, terutama hadirnya pabrik aspal karet pada Oktober ini.

"Ini inovasi yang sangat baik sekali, semoga nantinya implementasi sangat berdampak positif kepada perekonomian warga Muba khususnya petani karet rakyat," kata dia.

Sejauh ini, Kabupaten Muba sudah mengoperasikan pabrik aspal karet di Sekayu dengan menyerap produksi petani setempat dalam bentuk lateks padat untuk menjadi campuran aspal hotmix.