Presiden Jokowi inginkan kebijakan investasi pertahanan secara sistematis

id Presiden jokowi, hut tni,Investasi pertahanan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari

Presiden Jokowi inginkan kebijakan investasi pertahanan secara sistematis

Presiden inginkan kebijakan investasi pertahanan secara sistematis (Biro Pers Setpres)

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menginginkan kebijakan belanja pertahanan diubah menjadi sebuah kebijakan investasi pertahanan yang dirancang secara sistematis.

Hal itu disampaikan Presiden dalam amanatnya dalam acara Peringatan ke-75 Hari Tentara Nasional Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Baca juga: Menhan: Ancaman virus jadi senjata untuk hancurkan negara

"Untuk menguasai lompatan teknologi militer terkini, kita harus sungguh-sungguh untuk mengubah kebijakan kita dari kebijakan belanja pertahanan menjadi investasi pertahanan," ujar Presiden sebagaimana disaksikan secara virtual di Jakarta.

Presiden menyampaikan kebijakan investasi pertahanan itu berpikir panjang yang dirancang sistematis yang dijalankan secara konsisten serta berkelanjutan.

Baca juga: Inggris perkuat pertahanan dari ancaman Rusia, China di luar angkasa

Presiden menekankan hanya melalui investasi pertahanan jangka panjang tersebut TNI akan mampu menjadi kekuatan perang modern yang mengikuti perkembangan teknologi termaju.

"Transformasi organisasi dan teknologi harus didukung transformasi personil yang tokoh baik dalam menghadapi tugas operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang," jelasnya.

Pada kesempatan itu Presiden secara khusus mengucapkan terima kasih kepada prajurit TNI yang selalu siap memenuhi panggilan tugas serta serta mengawal Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Yang dengan penuh kesungguhan bertugas di daerah pedalaman, daerah perbatasan, wilayah terpencil, pulau terdepan dan yang bertugas di luar negeri sebagai pasukan pemelihara perdamaian. Saya sampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada prajurit TNI yang selalu berada di garda terdepan dalam sisi kemanusiaan," ujar dia.

Baca juga: Prabowo apresiasi dukungan anggaran Kemenhan dan perkuat TNI
Baca juga: Wamenhan nyatakan bertahan di rumah bagian dari bela negara