Komisi VII DPR bantu pengadaan lampu tenaga surya di Sumsel

id pjuts sumsel,komisi vii dpr ri,alex noerdin,lampu surya palembang,kementrian esdm,lampu surya sumsel,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, a

Komisi VII DPR  bantu pengadaan lampu tenaga surya di Sumsel

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Alex Noerdin saat pemasangan tiang PJUTS di Kecamatan Kemuning Kota Palemabang, Sabtu (3/10) (ANTARA/Aziz Munajar/20)

Palembang (ANTARA) - Komisi VII DPR RI membantu pengadaan ratusan unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya di Sumatera Selatan dari program kemitraan dengan Kementrian ESDM untuk membantu pemerintah daerah setempat agar lebih hemat pengeluaran listrik.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Alex Noerdin, dihubungi Minggu, mengatakan terdapat kuota pemasangan 650 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) untuk kabupaten dan kota di Sumsel.

"Tahun depan akan ditambah lagi 800 unit," ujarnya.

Menurut dia PJUTS menggunakan baterai yang menyimpan energi utama dari cahaya matahari, sehingga menjadi solusi untuk jalan-jalan di wilayah Indonesia yang belum terjangkau listrik PLN, seperti daerah bertopografi pegunungan dan perbukitan.

Selain itu pemasangan dapat juga menyasar daerah yang telah terlistriki PLN namun ingin mengurangi konsumsi listriknya, seperti di jalan permukiman padat penduduk.

PJUTS yang dipasang Alex itu sendiri berada di pemukiman padat penduduk, rencananya menggunakan lampu 40 watt LED yang tahan hingga 50.000 jam atau lebih dari 10 tahun dengan asumsi penggunaan 10 jam per hari.

"Tolong masyarakat jaga betul lampu tenaga surya ini, baterainya jangan sampai hilang atau dicuri karena itulah komponen utamanya," tambah Alex Noerdin.

Ia menambahkan bahwa selain PJUTS, Komisi VII DPR RI juga telah merealisasikan berbagai bantuan di Sumsel seperti beras, ventilator, alat rapid tes COVID-19, mesin pertanian, ambulan hingga bedah rumah.

Sementara Asisten I Setda Kota Palembang Bidang Pemerintahan dan Kesra, Faisal A. R, mengatakan bantuan PJUTS tersebut memang membantu Pemkot Palembang dalam pembiayaan listrik lampu jalan dan membantu kelancaran aktifitas masyarakat.

"Terima kasih kepada DPR RI dan pemerintah pusat untuk pemasangan PJUTS, tentu kami berupaya menjaganya agar tetap terawat," ujarnya.