Pemkab Muba kucurkan Rp15 miliar buka akses jalan Kecamatan Lalan

id jalan,jalan rusak,jalan di musi banyuasin,akses jalan,jalan kecamatan lalan,kecamatan lalan muba,bupati muba,berita sumsel, berita palembang, antara s

Pemkab Muba kucurkan Rp15 miliar buka akses  jalan Kecamatan Lalan

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex. (ANTARA/HO/20)

Sekayu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, bakal mengucurkan dana senilai Rp15 miliar melalui APBD Tahun 2021 untuk peningkatan akses jalan di Kecamatan Lalan yang selama ini masih sulit diakses melalui jalan darat.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex di Sekayu, Kamis mengatakan anggaran tersebut digunakan untuk membangun jalan poros dari arah barat sampai ke timur kecamatan tersebut sepanjang 38,7 Kilometer.

“Mulai tahun depan akan dianggarkan, jalan poros ini bakal menjadi yang pertama untuk Kecamatan Lalan. Aksesnya mulai dari P20 Desa Suka Makmur sampai Karang Makmur Primer hingga tembus jalan negara,” kata Dodi.

Menurut Dodi, sebagai daerah perairan, sudah puluhan tahun warga Lalan mendambakan adanya akses yang lebih cepat untuk mengeluarkan hasil komoditas mereka ke daerah-daerah sekitar, terutama ke Kota Palembang dan Sungai Lilin, Muba.

Selama ini, akses menuju daerah tersebut hanya mampu ditempuh melalui jalur sungai. Sementara untuk akses darat hanya dapat menggunakan kendaraan roda dua.

Ia mengemukakan pembangunan jalan poros ini nantinya akan bekerja sama dengan TNI melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

“Harapannya, infrastruktur tersebut dapat memotong cost dari harga-harga komoditas yang ke luar dari Kecamatan Lalan ini, sehingga bisa memakmurkan para petani khususnya petani jagung, petani padi dan kelapa sawit,” katanya.

Menurutnya, meski berada di kawasan perairan namun Kecamatan Lalan harus menjadi daerah yang maju dan warga masyarakatnya sejahtera.

“Akses menjadi mudah, warga Lalan tidak lagi tertinggal,” katanya.

Selain pembangunan jalan, Pemkab Muba juga bakal meningkatkan penerangan di sekitar kecamatan tersebut melalui pemasangan lampu penerangan jalan tenaga surya (PLJ-TS). Pemkab bakal memasang penerangan tersebut di 1.200 titik yang tersebar di jalan poros.

“Kami sengaja memilih tenaga surya karena Lalan merupakan daerah yang cocok untuk sumber energi panas matahari,” katanya.

Direktur Muba Elektrik Power (MEP) Augie Bunyamin mengatakan fasilitas lampu tersebut merupakan hibah dari pemerintah pusat sebanyak total 5.000 unit.

“Dengan bantuan lampu jalan ini nantinya warga Lalan tidak was was lagi kalau keluar malam hari,” ujar dia.