Pemkab OKI beri pelatihan keahlian tingkatkan daya saing tenaga kerja

id oki,kabupaten oki,ogan komering ilir,kabupaten ogan komering ilir,tenaga kerja

Pemkab OKI beri pelatihan keahlian tingkatkan daya saing tenaga kerja

Peserta pelatihan berbasis kompetensi Kabupaten Ogan Komering Ilir. (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, memberikan pelatihan keahlian berbasis kompetensi ke warga berusia produktif untuk meningkatkan daya saing di dunia kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Imlan Khairun di Kayuagung, Rabu, mengatakan sebanyak 64 orang yang mengikuti pelatihan terhitung sejak 16 September 2020—23 Oktober 2020.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas bagi masyarakat yang tidak memiliki keahlian di Kabupaten OKI,” kata dia.

Imlan memaparkan puluhan peserta tersebut mengikuti kegiatan di gedung workshop Balai Latihan Kerja (BLK) OKI.

Peserta dibagi menjadi tiga kategori program dalam pelatihan tersebut, yakni operator komputer (16 orang), menjahit pakaian dengan mesin (32 orang) serta pelatihan tata kecantikan rambut (16 orang).

“Harapannya program ini dapat meningkatkan kemampuan di bidang ketenagakerjaan sehingga menghasilkan tenaga kerja yang profesional dan berdedikasi atau usaha mandiri,” kata Imlan.

Ia menambahkan, pihaknya berharap peserta pelatihan dapat bersungguh-sungguh mengikuti program tersebut, sehingga kelak memiliki keterampilan dan dapat bersaing dalam dunia kerja dan usaha, bahkan bisa turut andil menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat lainnya.

“Ikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, ubahlah kebiasaan, perbaikilah niat, memiliki prinsip agar tidak mudah goyah dalam melangkah dan selalu berpikir positif. Kunci sukses adalah dengan memiliki sudut pandang yang baik,” kata dia.

Ia menambahkan seluruh peserta berasal dari sejumlah kecamatan di OKI, mereka dilatih dan dibina oleh tenaga-tenaga profesional di bidangnya.