Insidensi kasus positif COVID-19 lubuklinggau tertinggi di Sumsel

id Klaster pesantren lubuklinggau, insidensi kasus lubuklinggau, COVID-19 lubuklinggau, COVID-19 sumsel,Yusri, corona lubuk,berita sumsel, berita palemba

Insidensi kasus positif COVID-19 lubuklinggau tertinggi di Sumsel

Satgas "Ayam Jago" menyemprotkan cairan disinfektan di halaman rumah warga kampung tangkal COVID-19 Lorong Mari, Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (6/9/2020). (ANTARA/Nova Wahyudi/20)

Palembang (ANTARA) - Insidensi kasus COVID-19 di Kota Lubuklinggau melonjak signifikan dalam dua pekan terakhir sehingga menjadi yang tertinggi di Sumatera Selatan meski total konfirmasi positif berada di peringkat tiga.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Sumsel, Yusri, Rabu, mengatakan insidensi atau jumlah temuan kasus per 100.000 penduduk di Kota Lubuklinggau meningkat dampak munculnya klaster pesantren.

"Munculnya klaster pesantren diakibatkan banyak orang yang terkonsentrasi di satu tempat," ujarnya di Palembang.

Baca juga: Petugas bawa boneka pocong saat razia masker

Berdasarkan data harian Satgas COVID-19 Sumsel per 29 September, insidensi kasus di Kota Lubuklinggau berada pada angka 255,5 di posisi pertama dari 17 kabupaten/kota di Sumsel, total kasus positif mencapai 601 orang dari 387.325 jiwa penduduknya.

Sedangkan Kota Palembang yang telah ditemukan 3.048 kasus positif dari 1,6 juta jiwa penduduk, insidensi kasusnya tercatat 181,3 pada posisi kedua di Sumsel, padahal selama enam bulan terakhir Kota Pempek itu berada di posisi pertama.

Baca juga: Mayoritas pelanggar protokol kesehatan di palembang pilih kerja sosial

Menurut Yusri, meningkatnya insidensi kasus mengindikasikan masih kurang disiplin atau lengahnya penerapan protokol kesehatan, termasuk kemungkinan kurang selektifnya pesantren dalam menerima kunjungan sehingga menyumbang lonjakan kasus.

"Kami mengimbau satgas Lubuklinggau agar lebih menggencarkan tracing, testing dan treatment, begitu juga di pesantren-pesantren" tambahnya.

Baca juga: Dokter jiwa: Anak-anak rentan alami gangguan psikologis selama pandemi

Adapun dua pesantren di Kota Lubuklinggau yang melaporkan temuan kasus, yakni Pesantren Ar Risalah pada Senin (14/9) sebanyak 15 santri dan Pesantren Mazroillah sebanyak 64 santri pada Rabu (23/9).

Sementara meski kasus baru terus bertambah namun posisi Sumsel secara nasional turun ke peringkat 13 dengan 5.985 kasus, 4.304 di antaranya selesai isolasi dan 342 kasus meninggal dunia.