Fernando Alonso siap bantu Renault sebelum kembali ke F1 tahun depan

id formula1,formula one,fernando alonso,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Fernando Alonso siap bantu Renault sebelum kembali ke F1 tahun depan

Fernando Alonso saat masih membalap untuk McLaren dalam foto arsip 24 November 2018. (REUTERS/POOL New)

Jakarta (ANTARA) - Juara dunia dua kali Fernando Alonso, Kamis, menyatakan ingin menghadiri sejumlah balapan tahun ini untuk membantu Renault sebelum kembali membalap di Formula 1 pada 2021.

Pebalap berusia 39 tahun asal Spanyol itu terakhir kali mengemudi mobil F1 pada 2018 ketika membela McLaren dan tahun depan dia akan bergabung untuk ketiga kalinya dengan Renault.

"Saya rasa saya akan datang ke sejumlah balapan, hanya untuk mengikuti tim di sisi trek dan memahami filosofi yang bekerja pada akhir pekan," kata Alonso dalam wawancara virtual yang dipublikasikan Renault, seperti dikutip Reuters.

"(Seri pemungkas) Abu Dhabi mungkin menjadi suatu keharusan, dan semoga saya bisa datang ke Imola yang dekat dengan rumah saya di Swiss.

"Saya akan ada bagi tim untuk apapun yang mereka perlukan."

Alonso telah mengunjungi pabrikan tim di Enstone di Inggris untuk mengukur bangku mobilnya tahun depan serta berkunjung ke Viry-Chatillon di Prancis untuk bertemu para teknisi Renault di markas besar mereka.

Alonso memenangi kedua gelarnya bersama Renault pada 2005 dan 2006, dan kembali memperkuat Renault pada 2008 dan 2009 setelah mengalami musim yang sulit bersama McLaren.

"Banyak hal berubah, simulatornya baru, terowongan anginnya telah dimutakhirkan, beberapa hal tetap sama: ruang kantor, gym yang sering aku kunjungi," kata dia soal kunjungannya ke Enstone.

"Ini seperti hari pertama sekolah dengan banyak harapan, banyak hal baru yang dipelajari tapi sangat produktif.

"Saya rasa tim ini dalam kondisi yang baik untuk masa depan. Tiga balapan terakhir menyemangati setiap orang, bahkan juga diri saya sendiri," kata dia.

Renault saat ini berada pada peringkat lima klasemen konstruktor F1.