Komisi VII DPR setujui anggaran Kementerian ESDM 2021 Rp7 triliun

id Komisi VII,Anggaran kementerian,ESDM

Komisi VII DPR setujui anggaran Kementerian ESDM 2021 Rp7 triliun

Menteri ESDM Arifin Tasrif (tengah) bersama Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana (kanan) bersiap mengikuti Rapat Kerja bersama Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (26/8/2020). Raker tersebut membahas laporan keuangan Kementerian ESDM tahun anggaran 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.

Jakarta (ANTARA) - Komisi VII DPR menyetujui anggaran dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada tahun 2021 dengan alokasi sebesar Rp7 triliun.

"Setelah dilakukan pembahasan Banggar, Komisi VII menyetujui anggaran Kementerian ESDM pada tahun 2021," kata Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto dalam rapat virtual di Jakarta, Rabu.

Rincian anggaran tersebut antara lain untuk manajemen Kementerian ESDM sebesar Rp618 miliar. Kemudian, untuk mitigasi dan geologi sebesar Rp1 triliun.

Selanjutnya pada program pertambangan mineral dan batu bara mendapatkan anggaran Rp458 miliar dan kebutuhan riset serta inovasi sebesar Rp521 miliar.

Untuk program utama seperti manajemen penyediaan energi dan ketenagalistrikan mendapatkan alokasi anggaran Rp3,9 triliun.

Dalam proses penyediaan energi, Komisi VII meminta kepada Kementerian ESDM untuk dapat memberikan keterlibatan bagi masyarakat lokal, misalnya pemasangan lampu lalu lintas tenaga surya guna memaksimalkan potensi perekonomian sekitar.