Bupati Muba Dodi Reza raih penghargaan Kementerian Koperasi dan UKM

id dodi reza,bupati muba,dodi reza alex,bupati muba dodi reza ,penghargaan dodi,pemkab muba

Bupati Muba Dodi Reza raih penghargaan Kementerian Koperasi dan UKM

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex. (ANTARA/HO/20)

Sekayu (ANTARA) - Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex meraih penghargaan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia City Award 2020 dari Kementerian Koperasi dan UKM atas kontribusi pada keberlangsungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di tengah pandemi COVID-19.

Dodi meraih penghargaan kategori Natamukti yang hanya diperoleh 22 kabupaten saja di Indonesia, sementara di Sumsel menjadi satu-satunya kabupaten yang terpilih.

Pemberian penghargaan diserahkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Maduki secara virtual, Kamis (17/9).

“Ekonomi akan tumbuh dari tingkat konsumsi, caranya, belilah produk UMKM agar roda perekonomian berputar di masa pandemi ini. Apalagi pasar dalam negeri sangat besar karena ditopang tingkat populasi. Nah, kami menilai Pemkab Muba bersama masyarakat sudah melaksanakannya,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Teten menjelaskan, penentuan penerima penghargaan dilihat dari tiga kerangka, yaitu komersialisasi pasar, inovasi produk, dan proses operasional terkait merek.

Semuanya disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini, sehingga tiap pemerintah dilihat bagaimana mendorong promosi UMKM daerahnya walau sedang krisis.

"Termasuk juga usaha dalam mendorong edukasi kewirausahaan kepada masyarakat, serta seberapa banyak regulasi dihasilkan agar tercipta ekosistem UMKM yang bisa cepat pulih di masa pandemi," kata dia.

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Kementerian Koperasi dan UKM yang telah memilih Kabupaten Muba sebagai peraih penghargaan ini.

Dodi mengatakan beberapa waktu lalu Pemkab Muba mendapatkan reward dari Kementerian Keuangan yakni berupa dana insentif tambahan tahap pertama sebesar Rp11,9 miliar dan tahap kedua Rp15,7 miliar atas keberhasilannya mengatasi perekonomian warga terdampak COVID-19.

"Insentif tambahan ini sebagian dialokasikan untuk memulihkan perekonomian di Muba dari berbagai sektor, terutama bagi pelaku UMKM, jadi prinsipnya UMKM itu jangan hanya di promosikan saja tetapi juga harus diberikan suntikan modal juga," kata dia.

Kemudian, upaya lain yang dilakukan Pemkab Muba yakni memberikan bantuan kepada UMKM pembuatan masker dalam program satu juta masker.

"Melalui Disdagperin kami berdayakan penjahit di Muba. Alhamdulillah lewat program ini penjahit yang tentu terdampak COVID-19 menjadi terbantu dengan program sejuta masker tersebut," kata dia.