Dinas Perkim OKU renovasi ratusan rumah tidak layak huni

id 330 unit rumah, rumah tidak layak huni, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya, Dinas Perkim, Bupati OKU

Dinas Perkim OKU renovasi ratusan rumah tidak  layak huni

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) OKU, Ulia Mahdi. (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada tahun ini akan merenovasi ratusan rumah tidak layak huni (RTLH) di wilayah setempat melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Kepala Dinas Perkim Ogan Komering Ulu (OKU), Ulia Mahdi di Baturaja, Minggu mengatakan bahwa melalui Program BSPS tahun ini pihaknya akan merenovasi sebanyak 330 unit RTLH di wilayah setempat.

Dia menjelaskan, Program BSPS ini menyasar pada masyarakat di Kecamatan Lubuk Raja dan Baturaja Raja Barat Kabupaten OKU.

Masyarakat penerima bantuan RTLH ini akan mendapat dana sebesar Rp17.500.000 untuk satu unit rumah dengan rincian Rp15.000.000 untuk bahan bangunan dan Rp2.500.000 upah tukang.

"Dengan adanya program ini diharapkan ke depannya seluruh masyarakat di Kabupaten OKU tinggal di rumah yang layak huni," harapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera V yang diwakili Syeila Nadira Ikhwan mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus berupaya mengurangi jumlah rumah tidak layak huni melalui program stimulan BSPS tersebut.

"Pada 2020 ini, Provinsi Sumsel mendapat alokasi BSPS sebanyak 7.200 unit rumah penerima bantuan. Sementara untuk Kabupaten OKU sendiri mendapat alokasi sebanyak 330 unit," ungkapnya.

Bupati OKU, Kuryana Azis menambahkan BSPS dan rehabilitasi RTLH merupakan program yang bertujuan untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan kualitas perumahan masyarakat yang tidak layak huni menjadi rumah layak huni.

"Saat ini pemerintah pusat dan daerah terus berupaya memperbaiki kehidupan masyarakat, salah satunya memberikan bantuan program rumah layak huni untuk membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah," kata Kuryana.

Pada tahun 2020 ini, Kabupaten OKU mendapatkan bantuan perumahan yang dananya bersumber dari pusat yaitu program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten OKU.

"Dengan adanya bantuan ini semoga seluruh warga OKU memiliki rumah yang layak huni," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar