Presiden Jokowi sahkan Inpres dan Keppres Piala Dunia U-20

id piala dunia u20,presiden joko widodo,pssi,menpora,zainudin amali,fifa,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel

Presiden Jokowi sahkan Inpres dan Keppres Piala Dunia U-20

Foto udara stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (1/9/2020). Renovasi salah satu stadion yang ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 tersebut ditargetkan dapat rampung Desember 2020. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memastikan Presiden Joko Widodo telah mensahkan Instruksi Presiden (Inpres) dan Keputusan Presiden (Keppres) Piala Dunia U-20 tahun depan.

"Mudah-mudahan setelah adanya Inpres dan Keppres itu, semua pekerjaan dan persiapan semakin lancar," kata  Zainudin dalam konferensi pers daring di Jakarta, Kamis.

Zainudin melanjutkan, Inpres Nomor 8 tahun 2020 ini mengenai Dukungan Penyelanggaraan FIFA U-20 World Cup tahun 2021.

Baca juga: Indra sebut Ketum PSSI tak pernah sampaikan rencana naturalisasi pemain

Dalam Inpres tertanggal 15 September 2020 itu, Jokowi memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), para gubernur dan wali kota tempat laga Piala Dunia U-20 berlangsung agar mengambil langkah-langkah strategis untuk mendukung penyelenggaraan turnamen tersebut.

15 menteri lainnya juga disebutkan dalam Inpres. Ke-15 menteri itu adalah Menteri Sekretaris Negara, Menteri Dalam Negeri, Menteri Luar Negeri, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Perdagangan, Menteri PUPR.

Baca juga: Besok, 27 Agustus : Tim teknik PSSI dijadwalkan tinjau Stadion Jakabaring

Kemudian, Menteri Perhubungan, Menteri Komunikasi dan Informastika, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Menteri BUMN, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Menteri Pemuda dan Olahraga.

Presiden juga memberi perintah kepada Sekretaris Kabinet, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BPKP.

Keppres yang juga ditetapkan pada 15 September 2020 adalah Keppres Nomor 19 tahun 2020 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup tahun 2021.

Panitia Nasional Penyelenggara Piala Dunia U-20 tahun depan itu disebut dengan 'Indonesia FIFA U-20 World Cup Organizing Committee' (INAFOC) yang  berkedudukan di Jakarta dan terdiri dari Panitia Pengarah dan Panita Pelaksana.

Ketua Panitia Pengarah dijabat oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, sedangkan Menteri Pemuda dan Olahraga menjadi Ketua Panitia Pelaksana INAFOC.

Lalu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bertugas sebagai Ketua Pelaksana bidang Sarana dan Prasarana, sementara Ketua Umum PSSI menjadi Ketua Pelaksana Bidang Prestasi Tim Nasional Sepak Bola Indonesia.

Baca juga: Sumatera Selatan kebut perbaikan stadion respon rekomendasi FIFA

Piala Dunia U-20 diadakan dari 20 Mei sampai 12 Juni 2021 di Indonesia.

Turnamen digelar di Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Sesuai permintaan FIFA, setiap stadion  harus dilengkapi dengan lima lapangan penunjang untuk tempat berlatih tim peserta dan wasit.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar