Pemkab OKU resmikan operasional Toko Tani Indonesia Center

id Toko Tani Indonesia Center, harga pangan terjangkau, media pemasaran bagi petani, DKP Provinsi Sumsel, tujuh TTIC di Sum,berita sumsel, berita palemba

Pemkab OKU resmikan operasional Toko Tani  Indonesia Center

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU, Supriono saat peresmian operasional TTIC, Selasa (15/9). (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) setempat meresmikan operasional Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang menyediakan kebutuhan pokok berkualitas bagi masyarakat dengan harga terjangkau.

Kepala DKP Ogan Komering Ulu (OKU), Supriono di Baturaja, Rabu, mengatakan TTIC merupakan program Kementerian Pertanian yang diluncurkan untuk memberikan kemudahan dalam distribusi pangan melalui pasar mitra tani.

"Khususnya saat Pandemi COVID-19 seperti sekarang ini masyarakat sangat membutuhkan tempat berbelanja kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau," katanya.

Dia menjelaskan, TTIC ini menjual berbagai kebutuhan pangan pokok yang berkualitas dengan harga murah karena didatangkan langsung dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di wilayah setempat.

Dengan adanya TTIC ini juga, kata dia, dapat mengantisipasi disparitas harga pangan sehingga petani dapat memperoleh banyak keuntungan.

"Hadirnya TTIC ini diharapkan dapat mengendalikan ketersediaan dan stabilitas harga pangan pokok di Kabupaten OKU," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel, Taufik Gunawan dalam kesempatan tersebut menambahkan TTIC ini merupakan program nasional ketahanan pangan yang diluncurkan untuk mempercepat penyaluran komoditas pangan dari kelompok tani di Indonesia.

Sejauh ini, lanjut dia, jumlah TTIC di Sumatera Selatan sebanyak tujuh unit meliputi di Kabupaten Muba, OKI, OKU Timur, Lubuk Linggau dan Muara Enim.

Jenis komoditi pangan yang dijual di TTIC ini adalah kebutuhan pokok sehari-hari antara lain beras, daging ayam, daging sapi, telur, minyak goreng, gula pasir, bawang merah, bawang putih, cabe dan tepung.

"Hadirnya TTIC di Kabupaten OKU ini diharapkan masyarakat dapat memperoleh pangan yang berkualitas dengan harga terjangkau dan juga menjadi media pemasaran bagi kelompok tani," ujarnya.*
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar