Ronaldo borong dua gol bantu Timnas Portugal pecundangi Swedia 2-0

id timnas portugal,timnas swedia,uefa nations league,liga negara,cristiano ronaldo,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, anta

Ronaldo borong dua gol bantu Timnas Portugal pecundangi Swedia 2-0

Megabintang tim nasional Portugal Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi seusai mencetak gol keduanya dalam lanjutan UEFA Nations League 2020/21 Divisi A Grup 3 (A3) melawan Swedia di Stadion Friends Arena, Stockholm, Swedia, Selasa (8/9/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/TT NEWS AGENCY/Janerik Henriksson)

Jakarta (ANTARA) - Megabintang Cristiano Ronaldo memborong dua gol ketika membantu tim nasiona Portugal mempecundangi tuan rumah Swedia 2-0 dalam laga lanjutan UEFA Nations League Divisi A Grup 3 (A3) di Stadion Friends Arena, Stockholm, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Hasil itu mengantarkan Portugal mantap di di puncak klasemen Grup A3 dengan koleksi enam poin penuh, unggul selisih gol dibandingkan Prancis yang dalam laga lain juga menang melawan Kroasia.

Baca juga: Cetak 100 gol untuk Portugal, ini komentar C. Ronaldo usai pertandingan

Sedangkan Swedia tak beranjak dari posisi ketiga berkat keunggulan selisih gol dibandingkan Kroasia, meski sama-sama belum punya poin, demikian catatan laman remi UEFA.

Melewatkan laga pertama kontra Denmark karena kakinya tersengat lebah, Ronaldo agaknya tak sabar untuk melampaui capaian 100 gol bersama Portugal.

Baca juga: Incar gol ke-100, Cristian Ronaldo beri sinyal akan bermain saat lawan Swedia

Namun, upaya bagus pertamanya setelah menerima umpan sepak pojok Bruno Fernandes masih bisa diselamatkan dengan gemilang oleh kiper Robin Olsen menggunakan kakinya.

Olsen kembali menggagalkan peluang Ronaldo pada menit ke-40 ketika ia berusaha menyelesaikan umpan terobosan Fernandes dengan tembakan sudut sempit.

Petaka bagi tuan rumah terjadi semenit jelang bubaran normal babak pertama, ketika Gustav Svensson menjatuhkan Joao Moutinho tak jauh dari kotak penalti yang membuatnya diusir wasit Danny Makkelie karena sudah menerima dua kartu kuning.

Peluang tendangan bebas itu dihadapi oleh Ronaldo yang melepaskan sepakan melengkung dan keras melewati pagar hidup untuk menghujamkan bola ke pojok tiang jauh. Ronaldo membawa Portugal unggul lewat gol internasional ke-100.

Baca juga: Cristiano Ronaldo diminta pakai masker saat tonton Portugal menang

Portugal yang terus mengendalikan permainan dalam situasi ketimpangan jumlah pemain banyak membuang peluang mereka, yang berusaha mereka konversi lewat sepakan jarak jauh.

Baru pada menit ke-72, Portugal menggandakan keunggulan mereka lewat gol kedua Ronaldo di laga itu sekaligus ke-101 dalam karier internasionalnya.

Ronaldo menerima umpan dari Joao Felix sebelum melakukan tusukan dan melepaskan penyelesaian melengkung ke area tiang jauh lagi yang kembali tak mampu diantisipasi Olsen.

Felix berusaha keras untuk ikut mencatatkan namanya di daftar pencetak gol tetapi peluang terbaiknya dalam situasi serangan balik berlalu ketika ia gagal menyontek umpan tarik matang kiriman Diogo Jota.

Pun demikian, Portugal tetap menang 2-0 dan tampak percaya diri untuk mempertahankan gelar juara Nations League yang mereka raih dua tahun lalu.

Susunan pemain:

Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Emil Krafth, Filip Helander, Pontus Jansson, Ludwig Augustinsson; Dejan Kulusevski (Albin Ekdal), Kristoffer Olsson, Gustav Svensson, Emil Forsberg (Mattias Svanberg); Alexander Isak (Robin Quaison), Marcus Berg
Pelatih: Janne Andersson

Portugal (4-3-3): Anthony Lopes; Joao Cancelo, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Joao Moutinho (Ruben Neves), Danilo Pereira, Bruno Fernandes; Bernardo Silva (Goncalo Guedes), Joao Felix, Cristiano Ronaldo (Diogo Jota)
Pelatih: Fernando Santos