Bakal calon Wakil Bupati Musi Rawas Utara positif COVID-19

id Pendaftaran pilkada 2020, bakal paslon pilkada 2020, bakal paslon kpu, pilkada oku timur, pilkada pali, pilkada oku, pilkada musi rawas, pilkada murat

Bakal calon Wakil Bupati Musi Rawas Utara positif COVID-19

Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Agus Mariyanto, Selasa (8/9) (ANTARA/Aziz Munajar/20)

Palembang (ANTARA) - Bakal calon Bupati Musi Rawas Utara terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga tidak dapat mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat Muhammad Hosein Palembang yang dilaksanakan pada 8-9 September 2020.

Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Agus Mariyanto, Selasa, mengatakan balon wabup tersebut bernama Surian dan saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya, ia merupakan pasangan balon Bupati petahana Muratara, Syarif Hidayat

"Dia (Surian) ikut tes kesehatan bersama dengan para balon yang tidak tes hari ini, nanti akan dijadwalkan lagi," ujarnya saat tes kesehatan di RSUP Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang.

Menurutya,  status konfirmasi positif balon wabup itu tidak mempengaruhi status pencalonannya karena surat keterangan bebas COVID-19 hanya sebagai pengantar untuk tes kesehatan, tidak termasuk dalam indikator inti kesehatan itu sendiri..

Namun jika balon wabup tersebut masih positif COVID-19 atau belum sembuh hingga mendekati jadwal penetapan calon pada 23 September, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan KPU terkait langkah lanjutan

"Nanti ada petunjuk dari KPU, karena persoalan ini sepertinya juga dialami daerah lain," ujar Agus.

Sedangkan lima orang bakal calon lainnya dari Muratara tetap mengikuti tes kesehatan, kata dia, yakni pasangan Devi Suhartoni-Innayatullah, Akisropi Ayub-baikuni, dan Syarif Hidayat.

Sementara tes kesehatan bakal calon kepala daerah di RSMH Palembang pada hari ini diikuti oleh 20 dari 26 orang yang sudah mendaftar di tujuh kabupaten, terdapat enam orang yang tidak dapat mengikuti tes karena sakit serta adanya perpanjangan pendaftaran di Kabupaten OKU dan OKU Selatan.

Bakal calon yang dilaporkan sakit tersebut merupakan calon bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Heri Amalindo yang sedang menjalani perawatan di RSMH karena sakit asam lambung sejak 4 September.

"Kami menerima surat keterangan dari dokternya seperti itu (sakit asam lambung), bukan karena COVID-19" kata Ketua KPU Kabupaten PALI, Sunario di RSMH Palembang.