Van de Beek pakai kostum nomor 34 untuk hormati Abdelhak

id Liga Inggris,Manchester United,Donny van de Beek,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Van de Beek pakai kostum nomor 34 untuk hormati Abdelhak

Foto arsip 30 April 2019 pemain Ajax Amsterdam yang kini menjadi pemain Manchester United, Donny van de Beek, dalam leg pertama semifinal Liga Champions melawan Tottenham Hotspur. (REUTERS/Dylan Martinez)

Jakarta (ANTARA) - Gelandang baru Manchester United Donny van de Beek akan mengenakan nomor 34 pada jersey-nya sebagai penghormatan kepada mantan rekan satu timnya di Ajax Amsterdam, Abdelhak Nouri, yang mengalami kerusakan otak setelah serangan jantung pada 2017.

Nouri, yang juga memakai nomor itu, membuat debut seniornya pada musim 2016-2017 sebelum karirnya berakhir prematur setelah mengalami serangan jantung dalam laga persahabatan pramusim di Austria.

Sekalipun disadarkan di lapangan dan segera dibawa ke rumah sakit, Nouri mengalami kerusakan otak yang serius dan permanen.

"Ini adalah hal spesial bagi saya karena sahabat baik saya Abdelhak Nouri," kata Van de Beek, yang bergabung dengan United dari Ajax dalam kontrak lima tahun, kepada laman United seperti dikutip Reuters.

"Dia mengalami serangan jantung. Saya dekat sekali dengan keluarganya dan adiknya yang adalah salah satu sahabat dekat saya dan saya berbicara banyak dengan mereka. Jadi saya putuskan untuk mengenakan nomor lamanya di kaus saya dan saya ingin mendapatkan kenangan baik dengan nomor itu."

Jebolan Ajax lainnya, Phillippe Sandler, juga memilih nomor 34 setelah bergabung dengan Manchester City pada 2018.

Pikiran kepada Nouri tak pernah menjauhi Van de Beek yang sebelumnya memberikan penghormatan kepada sahabatnya setelah mencetak gol pada menit ke-34 saat Ajax menang melawan Juventus dalam Liga Champions tahun lalu.

Ajax yang terus memberikan penghormatan kepada Nouri setelah insiden itu resmi membatalkan kontraknya Maret tahun ini.

Media massa Belanda melaporkan saat itu bahwa Ajax sudah berbicara dengan keluarga Nouri mengenai solusi masa depan sang pemain yang kemudian dipindahkan ke ruang khusus di rumahnya setelah beberapa tahun di rumah sakit.