Cegah dehidrasi, Dokter sarankan minum sebelum, saat dan setelah berakitivtas

id cegah dehidrasi,Dehidrasi, minum air, air putih,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang ha

Cegah dehidrasi, Dokter sarankan minum sebelum, saat dan setelah berakitivtas

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Dokter Ahmad Aulia Ghufron menyarankan Anda minum air sebelum, saat dan setelah beraktivitas demi mencegah tubuh terkena dehidrasi, terlebih di cuaca panas dan tubuh bisa berfungsi optimal.

"Pastikan minum air sebelum beraktivitas, saat dan setelah melakukan aktivitas. Saya misalnya bertugas di IGD, sebelum praktik minum air, saat praktik minum air untuk menjaga konsentrasi lalu setelahnya minum lagi," ujar dia dalam acara virtual "Imbangi Hari+ Mu bersama VIT 8+", Jumat.

Anda bisa mulai meminum air usai bangun tidur di pagi hari untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menunjang aktivitas sepanjang hari.

Baca juga: Seorang pendaki Gunung Kerinci meninggal karena dehidrasi

“Dalam keadaan tidur, selama periode 6 - 8 jam di malam hari, tubuh tetap bekerja, sehingga menyebabkan cairan tubuh berkurang melalui pernapasan atau keluarnya keringat. Minum air membantu kita mengisi cairan tubuh yang hilang," kata dokter yang disapa Alghufron itu.

Minum air di malam hari juga diperlukan untuk menyeimbangkan dan menyegarkan kembali tubuh Anda. Air minum dengan pH tinggi sebelum tidur disebut bisa membantu menjaga tingkat hidrasi tubuh dengan efektif.

Idealnya asupan air dalam sehari yakni dua liter atau delapan gelas. Namun, jumlah ini bisa lebih banyak jika kegiatan yang Anda lakukan lebih banyak menguras energi. Jadi, sesuaikan asupan cairan Anda sesuai kegiatan agar fungsi tubuh bisa optimal dan mengenyahkan risiko terkena dehidrasi.

Baca juga: Dokter: Pemudik hindari dehidrasi saat perjalanan

Alghufron mengingatkan Anda jangan menunggu haus untuk sekedar meminum air. Haus, kata dia tanda tubuh memasuki kategori dehidrasi ringan.

Dalam kesempatan itu, Marketing Manager VIT, Duhita Anggraeni menambahkan, air minum dengan pH tinggi bisa menjadi asupan tambahan dari konsumsi air sehari-hari.

Anda bisa meminumnya di pagi dan untuk membantu menyegarkan diri sebelum beraktivitas lalu pada malam hari demi mengembalikan hidrasi yang hilang akibat aktivitas yang dijalankan, serta membantu mengatur kembali (reset) tubuh.

Baca juga: Jemaah haji diingatkan antisipasi cuaca panas
Baca juga: Indonesia hadapi masalah dehidrasi ringan kronik
Baca juga: Waspadai kelelahan dan dehidrasi selama prosesi haji