Arteta: kemenangan lawan Liverpool jadi titik balik musim Arsenal

id Arsenal,Mikel Arteta,liverpool vs arsenal,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Arteta: kemenangan lawan Liverpool jadi titik balik musim Arsenal

Manajer Arsenal Mikel Arteta (kanan) berpose bersama Pierre-Emerick Aubameyang mengangkat trofi Piala FA yang mereka menangi setelah mengalahkan Chelsea dalam partai final di Stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (1/8/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Catherine Ivill)

Jakarta (ANTARA) - Manajer Arsenal Mikel Arteta menyebut kemenangan melawan Liverpool di fase akhir musim 2019/20 jadi titik balik perjalanan The Gunners musim lalu.

Oleh karena itu tentu Arteta berharap timnya bisa tampil sama baiknya ketika kembali menghadapi Liverpool di ajang Community Shield selaku penanda bermulanya sepak bola Inggris musim 2020/21 di Wembley, pada Sabtu (29/8).

"Saya pikir itu memang menjadi pondasi kepercayaan diri bahwa kami bisa menantang tim-tim hebat dan mengalahkan mereka," kata Arteta dalam jumpa pers pralaga dilansir laman resmi Arsenal, Jumat dini hari WIB.



"Juga soal keyakinan selalu ada jalan untik menang, sebagaimana kami perlihatkan ketika melawan Manchester City dan Chelsea. Tetapi jika ditilik ulang itu memang menjadi titik balik musim lalu," ujarnya menambahkan.

Kemenangan Arsenal 2-1 atas Liverpool di Emirates dalam laga pekan ke-36 Liga Premier Inggris 2019/20, menjadi raihan mengejutkan mengingat lawannya lebih diunggulkan sebab sudah berstatus juara.

Hanya empat hari berselang, Arsenal kembali membalikkan prediksi ketika menyingkirkan Man City di semifinal Piala FA guna mempersembahkan kekalahan perdana The Citizens di kompetisi piala domestik Inggris sejak 2017.

Lantas tren positif itu berlanjut ketika Arsenal menundukkan Chelsea di partai final guna memantapkan diri sebagai tim tersukses di Piala FA dengan 14 kali juara.


Arteta mengakui kondisi fisik dan mental para pemainnya cukup bagus kendati harus mengawali musim 2020/21 hanya tiga pekan setelah musim sebelumnya berakhir, kondisi khusus yang terjadi karena pandemi COVID-19.

"Sebetulnya tidak sulit karena kami menyukai pekerjaaan ini walaupun terkadang kami butuh waktu melakukan refleksi dan mengalihkan perhatian sejenak dari sepak bola," katanya.

"Saya pikir kami sudah melakukannya, walaupun tidak selama biasanya, tapi itu cukup dan sepertinya para pemain dalam kondisi bagus baik secara fisik maupun mental," ujar Arteta menambahkan.

"Kami siap. Tak ada pilihan lain, ada trofi yang bisa dimenangi Sabtu besok," pungkasnya.

Kendati ada trofi yang diperebutkan --berbentuk tameng-- Community Shield kerap dianggap kalangan suporter sebagai laga seremonial pembuka musim semata, yang mempertemukan juara Liga Premier dengan juara Piala FA.

Baik Liverpool maupun Arsenal sama-sama mengumpulkan 15 kali kemenangan Community Shield. Arsenal terakhir menang pada 2017, sedangkan Liverpool 2006.