David Silva dibuatkan patung demi hormati satu dasawarsa jasanya

id Manchester City,David Silva,pemain terlama city,stadion etihad,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari in

David Silva dibuatkan patung demi hormati satu dasawarsa jasanya

Gelandang gaek Manchester City David Silva (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya selepas mencetak gol keempat timnya ke gawang Newcastle United dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Rabu (8/7/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Oli Scarff)

Jakarta (ANTARA) - Manchester City mengumumkan rencananya untuk membuat patung David Silva yang kelak akan diletakkan di Stadion Etihad, untuk menghormati satu dasawarsa jasa sang pemain.

"David adalah pemain transformasional, sosok pemimpin yang telah menginspirasi semua orang di sekelilingnya,"kata chairman City Khalddon Al Mubarak seperti dikutip BBC.

"Patung David akan berfungsi sebagai pengingat momen-momen indah yang ia berikan kepada kami, bukan hanya sebagai pesepak bola yang luar biasa, namun duta yang menginspirasi yang mewakili klub sepak bola ini dengan martabat sepanjang waktu," tambahnya.
  Patung itu akan diresmikan pada 2021, bersamaan dengan penghormatan lain yang ditujukan kepada mantan kapten City Vincent Kompany, yang meninggalkan klub itu tahun lalu dan belum lama ini mengumumkan gantung sepatu.

Kontribusi Silva juga akan dihormati dengan menamai lapangan latihan di tempat latihan City.

Baca juga: Real Sociedad jadi pelabuhan terkini Silva

Masa bakti sepuluh tahun Silva berakhir sedikit pahit, ketika City dikalahkan Olympique Lyon di perempat final Liga Champions pada Sabtu (15/8).

Sejak didatangkan dari Valencia pada 2010, gelandang 34 tahun itu telah mencatatkan 436 penampilan dan membantu City memenangi 14 trofi.

Baca juga: Bernardo serang balik penggemar Liverpool sebagai "menyedihkan"

Total Silva mencatatkan 309 penampilan di Liga Inggris, menyumbang 60 gol, dan menjadi bagian penting City saat mereka menjuarai liga pada 2012. 2014, 2018, dan 2019.

Di kompetisi-kompetisi domestik, ia bermain sebanyak 57 kali, dan memenangi dua Piala FA, lima Piala Liga Inggris, dan tiga Community Shields.

Baca juga: Silva ingin bermain di Italia sampai umur 40 tahun

Silva menggenggam rekor penampilan Eropa terbanyak bagi City, dengan catatan 70 penampilan di Liga Champions dalam dasawarsa terakhir.

Mantan pemain internasional Spanyol itu belum mengumumkan ke mana ia akan pindah, namun sejumlah rumor menyatakan ia tengah didekati oleh klub Italia Lazio.