Warga Baturaja isi kemerdekaan dengan menghias kampung

id Hias kampunh halaman, tidak merayakan lomba, HUT RI, terapkan protokol kesehatan, COVID-19, Bupati OKU,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel,

Warga Baturaja isi kemerdekaan  dengan menghias kampung

Bupati OKU, Sumsel Kuryana Azis, Senin (17/8/2020) di Baturaja memberikan hadiah untuk warga di Kelurahan Baturaja Permai yang menghias kampung halaman. (FOTO ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan mengisi HUT Kemerdekaan RI ke-71 dengan menghias kampung halaman mereka dengan beraneka ragam warna merah dan putih.

Suasana itu terlihat di Jalan Pemuda 1 RT10/RWO4 Kelurahan Baturaja Permai, Kecamatan Baturaja Timur, di mana warga setempat menghias kampungnya dengan corak dan ragam warna merah putih.

Menurut Lurah Baturaja Permai, Jaka Atmajaya di Baturaja, Senin,  pada perayaan 17 Agustus 2020 ini tidak dirayakan dengan berbagai perlombaan mengingat masih di tengah pandemi COVID-19.

Namun, meskipun di tengah pandemi COVID-19 tidak melunturkan semangat nasionalisme warga di tempat itu untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-75  meski dengan cara yang berbeda dari biasanya.

"Kegiatan lomba-lomba tahun ini ditiadakan, diubah dengan menghias kampung halaman," katanya.

Warga di Jalan Pemuda 1 RT 10 RW O4 Kelurahan Baturaja Permai Kecamatan Baturaja Timur tersebut berinisiatif menggelar kegiatan HUT RI dengan menghias wilayah permukiman setempat.

Puluhan warga setempat bergotong royong memasang aneka hiasan berwarna merah putih seperti bendera dan lampu hias, sehingga kawasan permukiman tersebut menjadi semarak.

"Ke depan kami akan fokus untuk menata lingkungan agar terlihat bersih, sehat, rapi dan indah,"  kata Intan, warga setempat.

Sementara itu, Bupati OKU, Kuryana Azis mengapresiasi giat warga dengan menghias lingkungan mengganti perlombaan di hari kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini.

"Hal tersebut menunjukan bahwa antusiasme warga masih tinggi. Sebab, meksipun di tengah pandemi COVID-19 tidak melunturkan semangat warga untuk merayakannya dengan menerapkan protokol kesehatan melalui kegiatan menghias kampung halaman," katanya.

Ia berharap warga lain di Kabupaten OKU dapat termotivasi untuk ikut bergerak menata lingkungannya supaya menjadi lebih baik.