Bima Sakti: timnas U-16 perlu perbaiki performa setelah menangi uji coba

id timnas u16,bima sakti,piala asia u16,ahmad athallah araihan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini,

Bima Sakti: timnas U-16 perlu perbaiki performa setelah menangi uji coba

Para pemain tim nasional U-16 Indonesia menjalani pemusatan latihan (TC) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (6/7/2020). Kegiatan itu menjadi persiapan tim menuju Piala Asia U-16 2020 yang berlangsung pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain. (ANTARA/HO/PSSI) (ANTARA/HO/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-16 Bima Sakti mengatakan bahwa skuatnya perlu memperbaiki performa setelah memenangi laga uji coba kontra SSB POR UNI Bandung dengan skor 2-0 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (14/8).

"Pemain masih bermasalah di 'build up'. Organisasi pertahanan juga seharusnya bisa lebih rapi," ujar Bima, dikutip dari keterangan resmi PSSI di Jakarta, Jumat.

Selain itu, pria berusia 44 tahun itu juga menyoroti ikatan batin (chemistry) para pemainnya.

Baca juga: Piala Asia U-16 dan U-19 masih sesuai jadwal

"Di babak pertama, pemain kesulitan membentuk 'chemistry' meski di paruh kedua lebih baik," tutur Bima.

Namun, walau mengkritik beberapa aspek, Bima menyisipkan apresiasi untuk para pemainnya yang telah berjuang di pertandingan persahabatan tersebut.

Hasil 2-0 dari laga kontra SSB POR UNI Bandung membuat timnas U-16 belum terkalahkan dari tiga laga uji coba di masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Program timnas diubah setelah Kualifikasi Piala Dunia ditunda

"Saya pribadi tidak terlalu mementingkan hasil. Namun, saya menilai pemain mengalami peningkatan terutama dari sisi fisik," tutur Bima.

Terkait performa timnas U-16, Ahmad Athallah Araihan, salah satu pencetak gol kontra SSB POR UNI Bandung selain Mochammad Faizal Syaifullah, juga berharap dia dan rekan-rekannya bisa terus meningkatkan kemampuan.

Baca juga: Tiga pemain Persija bersyukur tak dicoret Pelatih Shin Tae-yong

"Kami mesti lebih percaya diri dan memperbaiki komunikasi. Ke depannya harus lebih baik lagi," tutur Athallah.

Pertandingan uji coba kontra SSB POR UNI Bandung menjadi bagian dari TC timnas U-16 yang berlangsung pada 9-30 Agustus 2020.

Baca juga: Bima Sakti beri waktu sepekan kepada 12 pemain baru unjuk kemampuan

Laga tersebut, termasuk semua kegiatan timnas U-16 selama TC, berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Tim lawan yang beruji coba dengan timnas mendapatkan tes cepat (rapid test) sebelum laga. Pertandingan bisa dilangsungkan hanya jika pemain lawan menunjukkan hasil nonreaktif. Tes cepat diwajibkan pula kepada perangkat pertandingan.

Baca juga: Bek muda Ipswich Town puji pelatih Shin Tae-yong

Adapun TC timnas U-16 dilakukan sebagai persiapan untuk bertanding di Piala Asia U-16 2020 pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain.

Berikutnya, pada Jumat (21/8), timnas Indonesia akan beruji coba melawan tim Askot Bandung.

Baca juga: Pemain debutan timnas U-16 bertekad tampil di Piala Asia 2020
Baca juga: Pelatih Shin Tae-yong condong pilih TC di Korsel daripada Eropa