Pengamat nilai anggaran infrastruktur 2021 penting bagi pertumbuhan ekonomi

id pengamat,pidato RAPBN 2021,RAPBN 2021,anggaran infrastruktur,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini,

Pengamat nilai anggaran infrastruktur 2021 penting bagi pertumbuhan ekonomi

Ilustrasi proyek preservasi atau pemeliharaan ruas jalan. ANTARA/HO-Dokumentasi Kementerian PUPR.

Jakarta (ANTARA) - Pengamat tata kota Universitas Trisakti Yayat Supriatna menilai alokasi anggaran infrastruktur Kementerian PUPR yang cukup besar pada RAPBN 2021 adalah kebijakan yang tepat karena infrastruktur merupakan tulang punggung pertumbuhan ekonomi.

"Infrastruktur itu tulang punggung pertumbuhan ekonomi, kenaikan satu persen anggaran dari infrastruktur itu bisa akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi sebesar satu persen juga," kata Yayat saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, Indonesia akan menghadapi kendala jika memiliki infrastruktur yang buruk karena biaya operasional, biaya transportasi, kemudian biaya logistik akan menjadi sangat mahal.

Baca juga: Presiden perintahkan percepatan akses infrastruktur digital

"Ketika semuanya mahal itu kita udah kalah tidak bisa berkompetisi lagi dengan negara lain yang memiliki infrastruktur bagus," katanya.

Menurut keterangan resmi mengenai RAPBN 2021 yang dirilis oleh Kementerian Keuangan, total anggaran infrastruktur untuk tahun 2021 sebesar Rp414 triliun yang diarahkan untuk penyediaan layanan dasar, peningkatan konektivitas, serta dukungan pemulihan ekonomi.

Kebijakan infrastruktur yang akan dijalankan pemerintah pada tahun 2021, antara lain melanjutkan pembangunan infrastruktur pascapandemi COVID-19 melalui penguatan infrastruktur digital dan mendorong efisiensi logistik dan konektivitas. Kemudian diarahkan dalam bentuk infrastruktur padat karya yang mendukung kawasan industri dan pariwisata.

Baca juga: Jalan poros di Kabupaten Banyuasin ditargetkan selesai tahun ini
Baca juga: Sumsel tingkatkan pembangunan skala prioritas
Baca juga: Gubernur Sumsel kucurkan dana bangun jembatan di Muara Enim