Pengelola museum pejuang AK Gani Palembang siapkan panggung seniman

id puisi, fasilitasi seniman pentas seni , fasilitasi baca puisi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palem

Pengelola museum pejuang AK Gani Palembang siapkan  panggung seniman

Pengelola Museum A.K Gani Palembang Priyanti Gani (dua kanan) bersama seniman dan pegiat sastra mengekspresikan diri. (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Pengelola Museum Pejuang Mayjen TNI (Purn) dr A.K Gani Palembang, Sumatera Selatan menyiapkan panggung untuk seniman dan pegiat sastra melakukan pentas puisi menyemarakkan Hari Puisi Indonesia dan HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.

Pengelola Museum Priyanti Gani di Palembang, Sabtu, mengatakan, pihaknya prihatin melihat seniman dan pegiat sastra di Bumi Sriwijaya ini mengalami kesulitan dana dan tempat untuk mengekspresikan diri.

Mendengar kondisi sulit dari Pimpinan Sanggar Seni dan Budaya Teater Alam Palembang, Edwin Fast dan beberapa pegiat sastra, dia menawarkan tempat secara gratis untuk memfasilitasi mereka melakukan acara di salah satu ruangan museum.

Baca juga: 20 buku puisi esai Denny JA diterjemahkan bahasa Inggris

Dengan memanfaatkan salah satu ruangan di gedung tua museum, seniman dan pegiat sastra di Kota Palembang menjadwalkan acara puisi bersama pejabat pemerintah daerah dan anggota DPRD di provinsi Sumatera Selatan pada 9 Agustus 2020, kata Priyanti.

Sementara Pimpinan Sanggar Seni dan Budaya Teater Alam Palembang, Edwin Fast menambahkan, Hari Puisi Indonesia (HPI) diperingati oleh penggiat sastra di Sumsel dan berbagai daerah lainnya pada setiap tanggal 26 Juli.

Hari Puisi Indonesia ditetapkan bertepatan pada tanggal lahirnya sang penyair Indonesia, Chairil Anwar di Medan pada 26 Juli 1922.

Baca juga: Sekda Palembang bacakan sajak saat peringati Hari Puisi 2020

Untuk menyemarakkan peringatan HPI tahun 2020 ini, dengan segala keterbatasan dia bersama seniman, penyair, dan pegiat sastra melakukan baca puisi keliling di sejumlah rumah pejabat Pemkot Palembang, Pemkab Banyuasin, Pemkab Musi Banyuasin yang merespon permohonan mereka.

Setelah kegiatan itu, pihaknya merencanakan puncak acara hari puisi di Museum dr A.K Gani di kawasan Jalan M.P Mangkunegara, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sako Palembang pada hari Minggu (9/8).

Dalam kegiatan tersebut akan digelar acara baca puisi, drama monolog, dan musikalisasi puisi.

Pejabat pemda yang telah menyatakan siap mengikuti acara itu antara lain Sekda Kota Palembang Drs Ratu Dewa, Bupati Banyuasin Askolani, Wabup Banyuasin Slamet Sumo Sentono, Wabup Musi Banyuasin Beni Hernedi, serta Wakil Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda N Kiemas.

Sementara beberapa budayawan, penyair, pengiat seni dan sastra serta pemerhati kesenian yang akan tampil membaca puisi yaitu Anto Narasoma, Toton Da’i Permana, Vebri Al-Lintani, Bambang Purnomo, Yos Ellyas, Suparman Roman, Ny.Cahyo GI, Priyanti Gani, Antoni Ansori, dan J.J Polong.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar