Penduduk di calon ibu kota negara terus bertambah

id disdukcapil penajam,calon ibu kota baru,penduduk barum,penajam paser utara,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara su

Penduduk di calon ibu kota negara terus bertambah

Gerbang Madani Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Antaranews/Novi Abdi)

Penajam (ANTARA) - Penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara terus bertambah setelah daerah itu ditetapkan sebagai bagian dari calon ibu kota negara Indonesia yang baru di wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

"Jumlah penduduk terus bertambah, ada tambahan sekitar 2.500 jiwa," ucap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara Suyanto ketika ditemui di Penajam, Kamis.

Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara mencatat saat ini jumlah penduduk sebanyak 175.871 jiwa atau bertambah 2.500 jiwa dari sebelumnya sebanyak 173.371 jiwa.

Baca juga: Kemenkeu: fokus tangani COVID, pemerintah tak anggarkan proyek ibu kota baru

Pertambahan jumlah penduduk tertinggi terjadi di wilayah Kecamatan Penajam dengan perkiraan mencapai 1.000 jiwa hingga saat ini.

Lonjakan jumlah penduduk tertinggi di Kabupaten Penajam Paser Utara, menurut Suyanto, terjadi pada Februari, Maret dan April 2020.

Baca juga: Bappenas pastikan Ibu kota pindah sesuai rencana sekalipun ada virus corona

"Rata-rata pada ketiga bulan itu tercatat warga pendatang yang mengurus surat pindah masuk ke Kabupaten Penajam Paser Utara mencapai 300 hingga 400 orang," ujarnya.

"Banyaknya warga pendatang baru di Kabupaten Penajam Paser Utara itu karena ingin mencari lapangan pekerjaan." ucap Suyanto.

Pertumbuhan penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara setelah ditetapkan sebagai calon ibu kota negara oleh Presiden Joko Widodo, terus meningkat.

Arus urbanisasi, lanjut Suyanto, tidak bisa terbendung sejak Kabupaten Penajam Paser Utara ditetapkan sebagai calon ibu kota negara Indonesia yang baru.

Bahkan, ia memprediksi, jumlah penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2023 bisa mencapai sekitar 200.000 jiwa.

"Kami sudah melakukan antisipasi adanya lonjakan urbanisasi, dan diprediksi pada 2023 penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara bakal mencapai 200.000 jiwa," kata Suyanto.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar